Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Peluang, Peluang Usaha, Sumber, Ciri, Strategi, Manfaat, dan Contohnya

Pengertian Peluang, Peluang Usaha, Sumber, Ciri, Strategi, Manfaat, dan Contohnya


A. Pengertian Peluang

Peluang dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah kesempatan. Peluang atau kebolehjadian atau dikenal juga sebagai probabilitas adalah cara untuk mengungkapkan pengetahuan atau kepercayaan bahwa suatu kejadian akan berlaku atau telah terjadi. Konsep ini telah dirumuskan dengan lebih ketat dalam matematika, dan kemudian digunakan secara lebih luas tidak hanya dalam matematika atau statistika, tetapi juga keuangan, sains dan filsafat.

Dalam matematika, probabilitas suatu kejadian adalah angka yang menunjukkan kemungkinan terjadinya suatu kejadian. Nilainya di antara 0 dan 1. Kejadian yang mempunyai nilai probabilitas 1 adalah kejadian yang pasti terjadi atau sesuatu yang telah terjadi. Misalnya matahari yang masih terbit di timur sampai sekarang. Sedangkan suatu kejadian yang mempunyai nilai probabilitas 0 adalah kejadian yang mustahil atau tidak mungkin terjadi. Misalnya sepasang kambing melahirkan seekor sapi.

B. Pengertian Peluang Usaha
Kata peluang berasal dari bahasa Inggris opportunity yang mempunyai arti kesempatan yang muncul dari suatu kejadian ataupun momen. Dari susunan kata “Peluang Usaha” terdiri dari dua kata, yaitu; Peluang yang artinya kesempatan, dan Usaha yang artinya upaya dengan berbagai daya untuk mencapai tujuan atau sesuatu yang diinginkan.

Jadi secara sederhana, pengertian peluang usaha adalah kesempatan yang dimiliki seseorang untuk mencapai tujuan (keuntungan, uang, kekayaan) dengan cara melakukan usaha yang memanfaatkan berbagai sumber daya yang dimiliki. Atau dengan kata lain peluang usaha merupakan suatu kesempatan yang datang sehingga dapat dimanfaatkan oleh individu atau badan usaha untuk mendapatkan keuntungan.

Pengertian Peluang Usaha Menurut Para Ahli
1. Wikipedia, peluang usaha ialah sebuah proses pengidentifikasian, pengembangan, dan perencanaan usaha yang bisa menciptakan proses yang lebih baik dalam menjalankan sesuatu hingga bisa menciptakan usaha baru yang di bentuk dalam kondisi penuh risiko dan ketidakpastian.
2. Robbin And Coulter, peluang usaha yaitu segala proses yang melibatkan individu ataupun suatu kelompok yang dengan menggunakan sarana tertentu bisa menciptakan nilai tambah untuk memenuhi segala kebutuhan.
3. Thomas W Zimmer, peluang usaha merupakan salah satu kreativitas ataupun inovasi untuk dapat memecahkan masalah dan melihat kesempatan yang ada.
4. Arif F. Hadiparanata, peluang usaha yakni suatu risiko yang harus diambil dan juga dihadapi untuk dapat mengelola dan mengatur segala urusan yang ada hubungannya dengan finansial.

C. Sumber Peluang Usaha
1. Diri Sendiri
Banyak orang yang bisa melihat peluang bisnis setelah mereka menyukai sesuatu, misalnya seseorang hobi menyanyi, meskipun awalnya dia melakukan karena hobi, tapi karena mereka melihat banyak orang yang menyukai musik dan lagu akhirnya dia menjadi seorang penyanyi. Atau seseorang yang hobi menulis. pada awalnya dia hanya suka menulis segala kegiatannya di buku harian. Namun setelah berjalan sekian lama dan dia melihat ada peluang usaha menjadi seorang penulis, akhirnya dia memutuskan menjadi seorang penulis buku, novel ataupun menjadi seorang blogger.

2. Keahlian yang Dimiliki
Seperti pendiri kaskus misalnya, pada awalnya dia mencoba memanfaatkan keahliannya di bidang internet untuk membuat suatu website forum yang bisa menjadi sarang komunikasi jarak jauh bagi semua orang dan alhasil akhirnya menjadi suatu peluang usaha yang menguntungkan di masa depan.

3. Background Pendidikan
Dalam hal ini seseorang yang memiliki background pendidikan chief misalnya, dengan latar belakang pendidikannya tersebut akhirnya dia bisa menciptakan aneka masakan baru yang bisa menjadi peluang bisnis baru. Ataupun seseorang yang memiliki latar pendidikan musik, dengan pendidikannya dia bisa menciptakan lagu baru yang sesuai dengan keinginan masyarakat, dan akhirnya membuat dia menjadi seorang pencipta lagu.

D. Ciri Peluang Usaha
Terdapat beberapa ciri peluang usaha yang potensial di antaranya,
1. Punya nilai jual
2. Bukan sekedar ambisi, tapi sifatnya riil
3. Bisa bertahan lama dan berkelanjutan
4. Bukan bisnis musiman
5. Skala usaha bisa diperbesar
6. Modal memulainya tidak terlalu besar
7. Bisnis tersebut profitable

Menurut Harmaizar Z dalam bukunya Menangkap Peluang Usaha edisi 2, beberapa faktor penting wajib diperhatikan agar sebuah usaha bisa memiliki umur panjang di antaranya,
1. Analisa Partial (Analisis Partial Budgeting), yang dipakai untuk mengukur sejumlah perubahan dalam dunia usaha. Biasanya variabel yang diteliti hanya yang kemungkinan berubahnya tinggi seperti biaya produksi, penerimaan dan keuntungan. Ini penting untuk mengukur potensi peningkatan keuntungan dan kerugian usaha. Artinya calon pemilik usaha harus melakukan proyeksi anggaran dulu supaya ke depan berbagai macam kerugian dan hambatan bisa ditekan.
2. Analisa Komprehensif, analisa ini dilakukan secara menyeluruh melalui tahapan,
a. Kelayakan Produk, produk harus dipastikan memenuhi standar pasar. Analisa kelayakan produk ini penting bila Anda ingin menentukan daya tarik calon pelanggan. Ini juga bisa digunakan sebagai acuan untuk mengidentifikasi sumber daya demi keperluan produksi. Yang terpenting cari data dari konsumen secara langsung, apa yang mereka inginkan dan apa sebenarnya yang belum terpenuhi.
b. Kelayakan Industri, nilai seluruh tampilan produknya. Pahami juga kemungkinan lain seperti kompetitor yang siap menyalip produk Anda baik ini pendatang baru atau yang sudah lama. Selain itu, daya tawar pembeli dan juga daya tawar pemasok menjadi hal penting.
c. Kelayakan Organisasi, dalam hal ini Anda harus memikirkan hal-hal seperti; keahlian manajemen, kompetensi organisasi Anda mulai dari karyawan hingga manajer dan juga apakah Anda punya sumber daya manusia yang cukup.
d. Keuangan, untuk menentukan peluang usaha yang pas, analisa keuangan tentu saja perlu. Seberapa banyak uang kas yang dibutuhkan? Kinerja keuangannya seperti apa? Apakah dengan bisnis ini ada kemungkinan keuntungan bertambah?

E. Strategi Peluang Usaha
1. Tentukan dari mana Anda mulai menemukan sebuah sumber peluang.
2. Temukan sektor yang tepat untuk Anda masuki.
3. Berdayakan kekuatan produk Anda agar memiliki nilai jual.
4. Evaluasi dan berdayakan peluang Anda menjadi sebuah produk (suatu bisnis).

F. Manfaat Peluang Usaha
1. Bisa mandiri sejak dini
2. Mempunyai waktu yang lebih panjang
3. Waktu lebih banyak untuk menikmati kesuksesan
4. Memiliki tabungan tebal

G. Contoh Peluang
Ada banyak sekali contoh peluang usaha yang bisa kita temukan saat ini. Salah satunya adalah bisnis online yang saat ini sedang booming di Indonesia. Beberapa peluang usaha online saat ini di antaranya,
1. Menjadi dropshipper dan reseller
2. Menjual jasa penulisan artikel
3. Menjadi blogger profesional
4. Menjual jasa desain grafis
5. Menjual jasa pembuatan website
6. Dan lain-lain
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 3.1 Perbedaan, Kesetaraan, dan Harmoni Sosial (Kurikulum Revisi 2016)
2. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 3.2 Perbedaan, Kesetaraan, dan Harmoni Sosial (Kurikulum Revisi 2016)
3. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 3.3 Perbedaan, Kesetaraan, dan Harmoni Sosial (Kurikulum Revisi 2016)
4. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 3.4 Perbedaan, Kesetaraan, dan Harmoni Sosial (Kurikulum Revisi 2016)   
5. Materi Sosiologi Kelas XI. Bab 3. Perbedaan, Kesetaraan, dan Harmoni Sosial (Kurikulum 2013)
6. Materi Sosiologi Kelas XI. Bab 1. Bentuk-bentuk Struktur Sosial (KTSP)
7. Materi Ujian Nasional Kompetensi Dinamika Struktur Sosial 
8. Materi Sosiologi Kelas XI. Bab 6. Masyarakat Multikultural (KTSP)
9. Materi Ujian Nasional Kompetensi Masyarakat Multikultural
10. Materi Ringkas Struktur Sosial dan Diferensiasi Sosial

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Untuk ilalang yang senang merentang garis-garis fantastik di langit

Post a Comment for "Pengertian Peluang, Peluang Usaha, Sumber, Ciri, Strategi, Manfaat, dan Contohnya"