Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Pekerjaan, Tujuan, Hal yang Dibutuhkan, Jenis, dan Manfaatnya

Pengertian Pekerjaan, Tujuan, Hal yang Dibutuhkan, Jenis, dan Manfaatnya


A. Pengertian Pekerjaan

Pekerjaan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah sesuatu yang dilakukan untuk mencari nafkah; mata pencaharian; yang dijadikan pokok penghidupan. Pekerjaan dalam dunia usaha adalah suatu hubungan yang melibatkan dua pihak antara perusahaan dengan para pekerja/karyawan. Para pekerja akan mendapatkan gaji sebagai balas jasa dari pihak perusahaan atau pemberi kerja, dan jumlahnya tergantung dari jenis profesi yang dilakukan berdasarkan kontrak telah disetujui oleh kedua belah pihak.

Pembayaran gaji dapat dalam bentuk upah per jam, gaji tahunan atau pekerjaan borongan, tergantung dari jenis profesi dan di sektor mana mereka bekerja. Dalam beberapa jenis pekerjaan, karyawan mungkin dapat menerima tunjangan, atau uang tip selain gaji pokok mereka. Hubungan antara perusahaan dengan para pekerja tersebut biasanya diatur oleh hukum perburuhan, organisasi, atau kontrak hukum.

Pekerjaan Menurut Para Ahli
1. Supriyadi, pekerjaan merupakan beban, kewajiban, sumber penghasilan, kesenangan, gengsi, aktualisasi diri dan lain sebagainya.
2. Steers dan Porter, pekerjaan merupakan suatu hal yang penting dalam kehidupan tiap individu karena beberapa alasan di antaranya,
a. Adanya timbal balik dalam bekerja seperti reward berupa uang juga kepuasan dalam memberi pelayanan.
b. Bekerja biasanya memberikan fungsi sosial. Di mana dalam dunia pekerjaan memberi kesempatan untuk bertemu dan mengenal orang-orang baru dan mengembangkan jaringan.
c. Pekerjaan yang seseorang geluti sering kali menjadi status sosial dalam masyarakat luas, akan tetapi pekerjaan juga dapat menjadi sumber perbedaan sosial.
d. Terdapat nilai kerja bagi setiap orang secara psikologis dapat menjadi sumber identitas, harga diri serta aktualisasi diri.

B. Tujuan Bekerja
Tujuan bekerja di antaranya kebutuhan yang terpuaskan melalui pekerjaan. Kebutuhan manusia dapat dibagi dalam empat kelompok di antaranya,
1. Kebutuhan Fisik, pada umumnya orang bekerja untuk mencari uang. Kebutuhan mencari nafkah adalah alasan satu-satunya yang paling kuat mendorong orang untuk bekerja, walaupun sebagaimana yang dapat kita lihat, rangsangan yang bukan uang juga adalah penting. Uang dapat memuaskan hampir segala jenis kebutuhan.
2. Kebutuhan Rasa Aman, orang belum cukup puas dengan terpenuhinya kebutuhan fisik dari hari ke hari, setiap orang ingin kepastian bahwa kebutuhan tersebut akan tetap terpenuhi di masa mendatang.
3. Kebutuhan Sosial, manusia adalah makhluk sosial, menghasratkan persahabatan, tidak berbahagia bila ditinggal sendirian atau terasing dari lingkungannya. Manusia selalu berusaha bergaul karena haus dan butuh komunitas. Pekerjaan sering memuaskan kebutuhan sosial lain di samping kebutuhan akan persahabatan.
4. Kebutuhan Ego, di antaranya merasa “berarti”, merasa “berhasil”, dan juga otonomi (kebebasan atas diri sendiri).

C. Hal yang Dibutuhkan dalam Pekerjaan
1. Skill, merupakan kemahiran yang dimiliki setiap orang dan pada umumnya bisa diperoleh melalui pelatihan dan pendidikan.
2. Pengetahuan, adalah fondasi dasar yang harus dimiliki dalam bekerja, karena pengetahuan dapat membangun skill dalam bekerja dan pengetahuan juga dapat membantu menyelesaikan masalah yang dihadapi.
3. Bisa bekerja sama, merupakan kemampuan yang dibutuhkan dalam bekerja. Beberapa pekerjaan tidak dapat dikerjakan sendiri sehingga perlu adanya kerja sama agar dapat diselesaikan secara maksimal.
4. Jujur, dengan menjadi orang dan pekerja yang jujur, kita dapat dipercayai oleh banyak orang dan sikap jujur ini sangat dibutuhkan oleh setiap organisasi atau perusahaan supaya lebih dihormati dalam bekerja.
5. Sikap yang baik, menerapkan sikap yang baik dan sopan santun sangat dibutuhkan dalam mencapai keberhasilan kerja, karena sikap tersebut membuat orang selalu dihargai dalam bekerja dan begitu pun orang lain merasa dihargai sehingga memberi kelancaran dalam bekerja.
6. Pantang menyerah dan berdaya juang, adalah sikap yang harus dimiliki setiap pekerja dalam bekerja, karena sikap tersebut sangat penting dalam mencapai keberhasilan kerja. Setiap permasalahan yang muncul tidak hanya dapat diselesaikan dengan skill dan pengetahuan, tapi dalam juga harus didukung dengan sikap pantang menyerah dan berdaya juang yang tinggi.

D. Jenis Pekerjaan
Berikut adalah beberapa jenis pekerjaan yang biasa kita temui dalam keseharian kita di antaranya,
1. Insinyur
2. Tenaga Pengajar
3. Petani
4. Nelayan
5. Peternak
6. Dan Lain-lain

E. Manfaat Pekerjaan
1. Terhindar dari kemiskinan
2. Punya akses jaminan kesehatan
3. Memiliki banyak teman
4. Cepat sembuh dari sakit
5. Mengurangi kecanduan rokok dan alkohol
6. Mengejar deadline
7. Mengasah kemampuan otak
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 3.1 Perbedaan, Kesetaraan, dan Harmoni Sosial (Kurikulum Revisi 2016)
2. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 3.2 Perbedaan, Kesetaraan, dan Harmoni Sosial (Kurikulum Revisi 2016)
3. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 3.3 Perbedaan, Kesetaraan, dan Harmoni Sosial (Kurikulum Revisi 2016)
4. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 3.4 Perbedaan, Kesetaraan, dan Harmoni Sosial (Kurikulum Revisi 2016)   
5. Materi Sosiologi Kelas XI. Bab 3. Perbedaan, Kesetaraan, dan Harmoni Sosial (Kurikulum 2013)
6. Materi Sosiologi Kelas XI. Bab 1. Bentuk-bentuk Struktur Sosial (KTSP)
7. Materi Ujian Nasional Kompetensi Dinamika Struktur Sosial 
8. Materi Sosiologi Kelas XI. Bab 6. Masyarakat Multikultural (KTSP)
9. Materi Ujian Nasional Kompetensi Masyarakat Multikultural
10. Materi Ringkas Struktur Sosial dan Diferensiasi Sosial

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Untuk ilalang yang senang merentang garis-garis fantastik di langit

Post a Comment for "Pengertian Pekerjaan, Tujuan, Hal yang Dibutuhkan, Jenis, dan Manfaatnya"