Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Mata Manusia, Organ, Bagian, Anatomi, dan Cara Mata Bekerja

Pengertian Mata Manusia, Organ, Bagian, Anatomi, dan Cara Mata Bekerja


A. Pengertian Mata Manusia

Mata dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah indra untuk melihat; indra penglihat. Mata manusia adalah organ yang bereaksi terhadap cahaya dan memiliki beberapa kegunaan. Sebagai alat indra, mata mamalia memungkinkan untuk penglihatan. Sel batang dan kerucut pada retina memungkinkan persepsi cahaya sadar dan penglihatan seperti diferensiasi warna dan persepsi kedalaman. Mata manusia dapat membedakan sekitar 10 juta warna.
 
Meskipun kecil, mata adalah organ yang kompleks. Untuk mengaktifkan visi yang jelas, semua struktur dalam mata harus berfungsi dengan baik untuk menangkap cahaya, fokus, dan menyampaikan pesan kembali ke otak untuk menciptakan citra visual. Kompleksitas ini yang membuat anatomi mata seperti subjek yang menarik.

Ketika kita dilahirkan mata kita hanya berdiameter 1,6-1,7 cm. Selama tiga tahun pertama kehidupan, mata tumbuh pesat, mencapai ukuran penuh mereka (dari satu inci, atau 2,4 cm) pada usia 13. Bagian yang terlihat dari bola mata 1/6  daerah dari jumlah permukaan mata, dengan sisa nya tersembunyi di balik kelopak mata.

B. Organ Mata Manusia
1. Organ Luar
a. Bulu mata berfungsi menghalangi benda asing yang masuk ke dalam mata dan menyaring cahaya yang akan diterima.
b. Alis mata berfungsi menahan keringat agar tidak masuk ke bola mata.
c. Kelopak mata berfungsi untuk menutupi dan melindungi mata.

2. Organ Dalam
Bagian-bagian pada organ mata bekerja sama mengantarkan cahaya dari sumbernya menuju ke otak untuk dapat dicerna oleh sistem saraf. Bagian-bagian tersebut di antaranya,
a. Kornea, berfungsi melindungi bagian sensitif di belakangnya, membantu mata memfokuskan bayangan pada retina. Merupakan bagian terluar dari bola mata bernama selaput bening yang menerima cahaya dari sumber cahaya
b. Sklera, merupakan bagian dinding mata yang berwarna putih. Tebalnya rata-rata 1 milimeter tetapi pada insersi otot, menebal menjadi 3 milimeter.
c. Pupil dan Selaput Pelangi, dari kornea, cahaya akan diteruskan ke pupil. Pupil menentukan kuantitas cahaya yang masuk ke bagian mata yang lebih dalam. Pupil mata akan melebar jika melihat dalam kondisi ruangan yang gelap, dan akan menyempit jika kondisi ruangan terang. Lebar pupil dipengaruhi oleh selaput pelangi di sekelilingnya. Selaput pelangi berfungsi sebagai diafragma. Selaput pelangi inilah terlihat sebagai bagian yang berwarna pada mata.
d. Lensa Mata, lensa mata menerima cahaya dari pupil dan meneruskannya pada retina. Fungsi lensa mata adalah mengatur fokus cahaya, sehingga cahaya jatuh tepat pada bintik kuning retina yang dibantu oleh otot siliaris dan ligamen supresor. Untuk melihat objek yang jauh (cahaya datang dari jauh), lensa mata akan memipih. Sedangkan untuk melihat objek yang dekat (cahaya datang dari dekat), lensa mata akan menebal.
e. Retina atau Selaput Jala, retina adalah bagian mata yang paling peka terhadap cahaya, khususnya bagian retina yang disebut bintik kuning. Setelah retina, cahaya diteruskan ke saraf optik.
f. Choroid, choroid mencegah refleksi internal berkas cahaya
g. Saraf Optik, saraf yang dimasuki sel batang dan kerucut dalam retina, untuk menuju ke otak.

C. Bagian Mata Manusia
Anatomi yang rumit dari mata memungkinkan pembiasan cahaya, mempertahankan bentuk mata, mengkonversi cahaya menjadi impuls listrik, dan banyak lagi. Berikut ini adalah anatomi dari bagian mata di antaranya,
1. Selaput Bening (Cornea), kornea adalah meliputi luar berbentuk kubah mata. Hal ini seperti jendela mobil kita bahas sebelumnya. Ini melindungi mata dan memungkinkan untuk melihat di sekitar kita. Kornea adalah di mana cahaya difokuskan.
2. Sclera, adalah bagian luar putih mata yang dapat Anda lihat. Ini memberikan perlindungan dan struktur untuk bagian-bagian dalam mata.
3. Konjungtiva dan Kelenjar lacrimal, konjungtiva adalah lapisan lendir yang membuat mata basah. Ini mencakup sklera dan permukaan bagian dalam kelopak mata. Infeksi di daerah ini umumnya dikenal sebagai “mata merah muda (pink Eye).” Kelenjar lacrimal yang memproduksi air mata, ditemukan pada bagian luar masing-masing mata.
4. Humor Vitreous dan Humor Aqueous, humor vitreous membuat sampai sekitar 80 persen dari volume bola mata. Ini adalah zat seperti gel di bagian belakang mata yang menyediakan bentuk bola mata. Humor vitreous terletak antara lensa dan retina, di daerah yang disebut rongga vitreous. Selain membantu untuk mempertahankan bentuk bola mata, rongga vitreous juga menyediakan jalur yang jelas untuk cahaya melalui mata ke retina. Humor Aqueous adalah wilayah berair di bagian depan bola mata.
5. Iris dan Pupil, pupil adalah lubang hitam di pusat iris berwarna. Ini kontrak bila terkena cahaya terang dan memperluas dalam kegelapan untuk memungkinkan lebih banyak cahaya ke dalam mata. Iris adalah bagian berwarna dari mata. Mewarnai Hal ini disebabkan sel-sel pigmen dalam jaringan.
6. Lensa, adalah struktur yang jelas di balik pupil. Tujuan utama dari lensa untuk memfokuskan cahaya dengan mengubah bentuk. Tubuh silia adalah kelompok otot yang melekat pada lensa yang membantu lensa berubah bentuk untuk lebih memfokuskan cahaya pada retina. Seperti usia, lensa akan memburuk, kadang-kadang menyebabkan katarak.
7. Selaput Jala (Retina), retina adalah lapisan terdalam dari jaringan sensitif yang mentransmisikan cahaya ke otak. Retina terdiri dari beberapa jenis sel, termasuk lapisan batang dan kerucut, yang mengubah cahaya menjadi energi kimia dan listrik yang ditransmisikan ke saraf optik.
8. Makula dan Fovea, makula adalah bagian pusat retina. Fungsi utamanya adalah untuk memperjelas. Fovea adalah bagian tengah makula yang menyediakan visi tajam. Fovea hanya berisi kerucut. Kerusakan pada makula atau fovea sering mengakibatkan penurunan penglihatan sentral seseorang.
9. Saraf Optik, juga dikenal sebagai Cranial Nerve 2, saraf optik yang membawa pesan dari mata ke otak. Ini terdiri dari lebih dari satu juta akson, yang membawa informasi visual ke berbagai bagian otak.
10. Koroid, terletak antara epitel pigmen retina dan dinding belakang mata, koroid membawa nutrisi ke retina dan epitel pigmen retina. Koroid terdiri dari melanin, yang menyerap setiap cahaya asing yang dapat mengganggu citra mata mengirimkan ke otak.
11. Retina Pigment Epitel, epitel pigmen retina dapat ditemukan antara retina dan koroid. epitel pigmen retina:
a. Melindungi retina dari cahaya yang masuk berlebihan.
b. Kebutuhan asam lemak omega 3 untuk membangun membran photoreceptive Pasokan glukosa untuk energi.
c. Membantu air transportasi dari retina ke koroid
d. Menjaga keseimbangan pH retina
e. Membantu menghilangkan segmen mati sel fotoreseptor.
f. Mengeluarkan zat untuk membantu membangun dan mempertahankan koroid dan retina.

D. Anatomi Mata Manusia
Ada aspek lain dari anatomi mata selain mata itu sendiri, termasuk rongga mata atau orbit, dan otot-otot yang menggerakkan mata.
1. Otot Mata, mata memiliki empat kelompok otot di antaranya,
a. Otot-otot ekstra okuler yang mengontrol gerakan mata. Setiap mata memiliki enam dari otot-otot ini yang mengontrol pergerakan setiap mata, memungkinkan kedua mata untuk melihat gambar yang sama secara bersamaan.
b. Otot-otot iris. Ini membesar dan mengerut pupil mata, mengendalikan seberapa banyak cahaya masuk itu.
c. Otot-otot kelopak mata yang mengontrol pembukaan dan penutupan kelopak.
d. Otot-otot siliaris. Kontrol lensa ini fokus dalam mata.

2. Orbit, adalah jaringan masing-masing bola mata. Tujuh tulang wajah yang terpisah membuat dinding di sekitar orbit. Selain bola mata, beberapa otot, saraf, pembuluh darah, lemak, dan sistem drainase lakrimal menciptakan structure.saraf optik kompleks terletak di belakang orbit.
3. Kelopak Mata, fungsi utama kelopak mata adalah untuk melindungi mata dengan berkedip. Berkedip mencegah puing-puing dari masuk ke mata. Tingkat berkedip rata-rata adalah 10 berkedip per menit. Pria dan wanita berkedip pada tingkat yang sama kecuali wanita tersebut menggunakan kontrasepsi oral; ia kemudian akan berkedip sekitar 14 berkedip per menit. Ketika seseorang berkonsentrasi pada membaca atau bekerja pada komputer, mereka akan berkedip sekitar tiga atau empat kali per menit. Ini adalah alasan utama bahwa mata kering dan menjadi lelah ketika membaca.
4. Kelenjar Lakrimal Sistem Drainase, merupakan bagian dari sistem drainase, juga memproduksi air mata. lakrimal fungsi nya yaitu sistem drainase dengan mendistribusikan air mata di atas permukaan mata dan menghapus kelebihan air mata.
5. Tear Film, juga bagian dari sistem drainase lakrimal, air mata terbuat dari tiga komponen: air, lipid, dan lendir. Setelah mereka dihasilkan dari kelenjar lakrimal. Air mata memberikan kelembaban dan nutrisi untuk kornea dan menghilangkan kotoran permukaan.

E. Cara Mata Bekerja
Mata adalah mesin yang rumit dengan banyak bagian. Hal ini memungkinkan tidak hanya untuk melihat objek, tetapi untuk melihat warna, ukuran, dan lain-lain secara detail. Mata bekerja dengan pembiasan dan memfokuskan cahaya ke retina. Ketika cahaya menyerang retina, jutaan batang rhodopsin yang bertanggung jawab untuk penglihatan malam, mengkonversi cahaya menjadi impuls listrik, yang dikirim ke otak.

Otak kemudian menerjemahkan apa yang diterimanya dari saraf optik sehingga kita dapat memahami apa yang kita lihat. Retina juga mengandung jutaan kerucut yang berisi iodopsin dan digunakan untuk cahaya terang dan persepsi warna. Ada sekitar 17 kali lebih batang dari kerucut, sekitar 120 juta batang dan 7 juta kerucut di retina setiap mata.
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 3.1 Perbedaan, Kesetaraan, dan Harmoni Sosial (Kurikulum Revisi 2016)
2. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 3.2 Perbedaan, Kesetaraan, dan Harmoni Sosial (Kurikulum Revisi 2016)
3. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 3.3 Perbedaan, Kesetaraan, dan Harmoni Sosial (Kurikulum Revisi 2016)
4. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 3.4 Perbedaan, Kesetaraan, dan Harmoni Sosial (Kurikulum Revisi 2016)   
5. Materi Sosiologi Kelas XI. Bab 3. Perbedaan, Kesetaraan, dan Harmoni Sosial (Kurikulum 2013)
6. Materi Sosiologi Kelas XI. Bab 1. Bentuk-bentuk Struktur Sosial (KTSP)
7. Materi Ujian Nasional Kompetensi Dinamika Struktur Sosial 
8. Materi Sosiologi Kelas XI. Bab 6. Masyarakat Multikultural (KTSP)
9. Materi Ujian Nasional Kompetensi Masyarakat Multikultural
10. Materi Ringkas Struktur Sosial dan Diferensiasi Sosial

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Untuk ilalang yang senang merentang garis-garis fantastik di langit

Post a Comment for "Pengertian Mata Manusia, Organ, Bagian, Anatomi, dan Cara Mata Bekerja"