Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Kekerasan Tidak Langsung, Bentuk dan Contohnya

Pengertian Kekerasan Tidak Langsung, Bentuk dan Contohnya


A. Pengertian Kekerasan Tidak Langsung (Indirect Violence)

Kekerasan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah perbuatan seseorang atau kelompok orang yang menyebabkan cedera atau matinya orang lain atau menyebabkan kerusakan fisik atau barang orang lain; paksaan. Kekerasan dibedakan menjadi dua jenis yaitu kekerasan langsung (direct violence) dan kekerasan tidak langsung (indirect violence).

Kekerasan tidak langsung (indirect violence) adalah kekerasan yang dilakukan secara tidak langsung akan tetapi membahayakan keselamatan seseorang. Kekerasan seperti ini tidak melibatkan hubungan secara langsung antara pelaku tindak kekerasan dengan korban kekerasan. Contoh kekerasan tidak langsung ini adalah pelanggaran terhadap hak hidup manusia seperti kekerasan terhadap pembiaran, tidak adanya pelindungan dari kekerasan sosial, tidak adanya perlindungan dari kekerasan alam dan sebagainya.
   
Kekerasan tidak langsung memang jarang sekali kita temui. Pasalnya tidak banyak orang yang tahu apa yang kita sebut kekerasan tidak langsung atau mungkin tidak banyak orang yang bisa membedakan kekerasan langsung ataupun tidak langsung. Segala tindakan yang dapat menyakiti seseorang tetapi dilakukan di belakang atau dengan cara halus itulah yang biasa kita sebut dengan kekerasan tidak langsung.

A. Bentuk Kekerasan Tidak Langsung (Indirect Violence)
1. Kekerasan Karena Kelalaian
Kekerasan ini bisa dikarenakan akibat adanya tindakan sosial yang tidak dioptimalkan dengan baik. Bisa juga karena mereka sudah mendapatkan haknya namun tidak diberikan sesuai porsinya. Misalnya alokasi dana THR atau Tunjangan Hari Raya yang tidak merata, distribusi sembako yang tidak merata, gaji yang tidak diberikan sesuai porsinya, dan lain sebagainya, tidak hanya itu, kekerasan karena kelalaian bisa juga berupa kekerasan bisu seperti kelaparan, kemiskinan, dan lain sebagainya.

2. Kekerasan Perantara
Kekerasan perantara bisa disebabkan karena adanya campur tangan manusia yang dilakukan dengan cara yang sengaja terhadap lingkungan sosial ataupun alam. Yang mana karena campur tangan tersebut akan membawa pengaruh dan dampak kepada manusia lainnya yang tidak melakukan campur tangan tersebut. Misalnya yaitu mengganggu ekosistem alam dan merusak alam sehingga manusia lainnya ikut mendapatkan dampak yang dihasilkan.
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 4.1 Konflik, Kekerasan, dan Perdamaian (Kurikulum Revisi 2016)
2. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 4.2 Konflik, Kekerasan, dan Perdamaian (Kurikulum Revisi 2016)
3. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 4.3 Konflik, Kekerasan, dan Perdamaian (Kurikulum Revisi 2016)
4. Materi Sosiologi Kelas XI. Bab 4. Konflik, Kekerasan, dan Upaya Penyelesaiannya (Kurikulum 2013)
5. Materi Sosiologi Kelas XI. Bab 2. Konflik dan Integrasi Sosial (KTSP)
6. Materi Ujian Nasional Kompetensi Konflik Sosial dan Integrasi Sosial     
7. Materi Ringkas Konflik Sosial dan Integrasi Sosial

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Untuk ilalang yang senang merentang garis-garis fantastik di langit

Post a Comment for "Pengertian Kekerasan Tidak Langsung, Bentuk dan Contohnya"