Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Kekerabatan Patrilineal

Pengertian Kekerabatan Patrilineal
Kekerabatan Patrilineal

Pengertian kerabat dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang dekat (pertalian keluarga); sedarah sedaging; keluarga; sanak saudara; keturunan dari induk yang sama yang dihasilkan dari gamet yang berbeda. Sementara kekerabatan dalam KBBI adalah perihal berkerabat, dan patrilineal adalah mengenai hubungan keturunan melalui garis kerabat pria saja, bapak.

Demikian, patrilineal adalah suatu adat masyarakat yang mengatur alur keturunan berasal dari pihak ayah. Kata ini sering kali disamakan dengan patriarkat atau patriarki, meskipun pada dasarnya artinya berbeda. Patrilineal berasal dari dua kata bahasa Latin, yaitu pater yang berarti ayah, dan linea yang berarti garis. Jadi, patrilineal berarti mengikuti garis keturunan yang ditarik dari pihak ayah.

Sementara itu, patriarkat berasal dari dua kata bahasa Yunani, yaitu pater yang berarti "ayah", dan archein yang berarti memerintah. Jadi, patriarki berarti kekuasaan berada di tangan ayah atau pihak laki-laki. Penganut sistem patrineal di Indonesia adalah di Tanah Gayo alias Batak, Ambon, Irian Jaya, Timor dan Bali. Penganut patrilineal di antaranya,
1. Bangsa Arab
2. Bangsa Cina
3. Suku Minahasa
4. Suku Rejang
5. Suku Batak
6. Suku Aceh
7. Suku Gayo
8. Suku Sangir

Lawan dari patrilineal adalah matrilineal yaitu suatu adat masyarakat yang menyatakan alur keturunan berasal dari pihak ibu. Penganut adat matrilineal di Indonesia sebagai contoh adalah suku Minangkabau. Adat patrilineal lebih umum digunakan kelompok masyarakat dunia dibandingkan matrilineal yang lebih jarang penggunaannya.
 

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani من لم يذق مر التعلم ساعة, تجرع ذل الجهل طول حياته | “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pengertian Kekerabatan Patrilineal"