Pengertian Ilmuwan

Pengertian Ilmuwan
Ilmuwan

Ilmuwan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah orang yang ahli atau banyak pengetahuannya mengenai suatu ilmu; orang yang berkecimpung dalam ilmu pengetahuan. Saintis adalah seorang ilmuwan yang menekuni bidang sains atau ilmu pengetahuan alam (IPA) disebut sebagai Saintis. Meskipun penyebutan saintis ini juga berlaku secara umum karena sebagian kalangan ada yang membagi Santis ke dalam dua area berdasarkan bidang ilmunya yaitu Saintis dalam bidang Ilmu Alam dan Saintis dalam bidang Ilmu Sosial.

Saintis mempelajari berbagai aspek-aspek tertentu dari alam secara terorganisir, sistematik dan melalui berbagai metode saintifik yang terbakukan. Ruang lingkup sains terbatas pada berbagai hal yang dapat dipahami oleh indra (penglihatan, sentuhan, pendengaran, rabaan dan pengecapan) atau dapat dibilang sains itu pengetahuan yang diperoleh melalui pembelajaran dan pembuktian secara konkret.

Para saintis bertujuan untuk menghasilkan model yang dapat berguna tentang realitas dan memberikan sumbangsih bagi perkembangan ilmu pengetahuan alam. Untuk lebih jelasnya berikut beberapa pengertian ilmuwan menurut para ahli di antaranya,
1. McGraw- Hill Dictionary Of Scientific and Technical Terms, ilmuwan adalah seseorang yang melakukan latihan, kemampuan, dan memiliki hasrat atau rasa ingin tahu untuk mencari ilmu pengetahuan dan teknologi yang baru, asas-asas baru dan juga bahan-bahan baru dalam suatu bidang keilmuan tertentu.
2. Maurice Richer Jr., ilmuwan adalah seseorang atau mereka yang memiliki keikutsertaan dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, secara relatif, langsung, kreatif, dan juga inovatif.
3. Ensiklopedia Islam, ilmuwan adalah seseorang yang ahli dan memiliki banyak ilmu pengetahuan dan teknologi dalam suatu atau banyak bidang tertentu.
 

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pengertian Ilmuwan"