Pengertian Hobi dan Contohnya

Pengertian Hobi dan Contohnya
Hobi

A. Pengertian Hobi
Hobi dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah kegemaran; kesenangan istimewa pada waktu senggang, bukan pekerjaan utama. Kata hobi merupakan sebuah kata serapan dari Bahasa Inggris Hobby. Hobi biasanya dilakukan sebagai kegiatan rekreasi untuk menenangkan pikiran seseorang.

Hobi adalah kegiatan kasual yang biasanya dilakukan atas dasar ketertarikan yang sangat kuat dari dalam diri. Hobi juga merupakan kegiatan yang secara umum membuat kita banyak menginvestasikan sesuatu ke dalamnya, baik itu materi maupun waktu dengan sangat senang hati, serta dilakukan secara teratur.

Tujuan hobi adalah untuk memenuhi keinginan dan mendapatkan kesenangan. Biasanya, aktivitas ini dilakukan selama waktu luang. Hobi dapat mencakup banyak hal di antaranya mengoleksi barang benda, ikut melibatkan diri dalam kegiatan kreatif dan artistik, bermain olahraga, dan banyak lagi contoh lainnya. Apabila seseorang terus berpartisipasi dalam hobi tertentu, biasanya ia akan memperoleh keterampilan dan pengetahuan substansial di bidang tersebut.

Secara umum, individu yang melakukan kegiatan semata-mata hanya untuk bersenang-senang disebut dengan amatir, yang merupakan lawan dari seorang profesional.  Di mana ia melakukan sebuah kegiatan untuk mendapatkan atau meraih imbalan. Seorang amatir, mungkin sama terampilnya dengan seorang profesional, hanya saja terdapat beberapa perbedaan prinsip. Dan yang paling mendasar dari prinsip tersebut yaitu, bahwa seorang profesional menerima kompensasi atas aktivitas yang ia lakukan, sedangkan seorang amatir tidak.

B. Contoh Hobi
1. Filateli
2. Fotografi
3. Kaligrafi
4. Melukis
5. Menulis
6. Menjahit
7. Origami
8. Otomotif
9. Membaca  
10. Dan lain-lain
 

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pengertian Hobi dan Contohnya"