Pengertian Gelar, Gelar Akademik, Cara Penulisan, dan Contohnya

Pengertian Gelar dan Gelar Akademik
Gelar Akademik

A. Pengertian Gelar
Gelar dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah sebutan kehormatan, kebangsawanan, atau kesarjanaan yang biasanya ditambahkan pada nama orang seperti raden, tengku, doktor, sarjana ekonomi. Secara umum gelar adalah awalan (prefiks) atau akhiran (sufiks) yang ditambahkan pada nama seseorang untuk menandakan penghormatan, jabatan resmi, atau kualifikasi akademis atau profesional.

B. Pengertian Gelar Akademik
Sementara gelar akademik merupakan gelar yang diberikan kepada lulusan dibidang khusus pendidikan akademik studi pada perguruan tinggi. Gelar akademis kadang-kadang disebut dengan istilah dalam bahasa Belanda adalah judul (dari titulus Latin). Terdiri dari gelar sarjana akademik (sarjana), magister (master), dan doktor (dokter).

C. Cara Penulisan Gelar Akademik
Terdapat beberapa tata cara penulisan gelar akademik di antaranya,
1. Setiap gelar ditulis dengan menggunakan tanda titik sebagai penghubung antara huruf pada singkatan gelar yang dimaksud.
2. Gelar ditulis sesudah atau sebelum nama seseorang.
3. Nama orang dan gelar dihubungkan dengan tanda koma (,)
4. Jika seseorang menyandang gelar lebih dari satu, maka gelar-gelar tersebut dipisahkan dengan tanda koma. Contoh = Budi Nugraha, S.Pd., M.Pd.

D. Contoh Gelar Akademik
1. Gelar Diploma
a. Ahli madya = A.Md.
b. Ahli madya pendidikan = A.Md.Pd.,
c. Ahli madya keperawatan = A.Md.Per.  
d. Ahli madya kesehatan = A.Md.Kes.
Misal: Elfina Dhea, A.Md.

2. Sarjana ( S1 )
Sarjana merupakan jenjang pendidikan Strata-1 atau biasa disingkat S1 dan lulusan program pendidikan vokasi S1 Terapan/Diploma 4 (D-IV). Gelar Sarjana ditulis di belakang nama lulusan program studi Sarjana dengan mencantumkan huruf “S.” dan diikuti dengan inisial gelar sedangkan Gelar Sarjana Terapan ditulis di belakang nama lulusan program studi Diploma IV dengan mencantumkan huruf “S.ST.” dan diikuti dengan inisial gelar.
a. Gelar Sarjana Ilmu Politik (S.IP)
b. Gelar Sarjana Ilmu Pemerintahan (S.IP)
c. Gelar Sarjana Ilmu Perpustakaan (S.IP)
d. Gelar Sarjana Ekonomi Islam (S. E. I.)
e. Gelar Sarjana Ekonomi (S.E.)
f. Gelar Sarjana Komputer (S.Kom.)
g. Gelar Sarjana Hukum (S.H.)
Misal: Elfina Dhea, S.IP

3. Magister (S2)
Magister adalah jenjang pendidikan Strata-2 atau umumnya disingkat S2. Gelar magister ditulis di belakang nama lulusan program studi Magister, dengan mencantumkan huruf “M.” dan diikuti dengan inisial gelar.
a. Gelar Master of Arts (MA)
b. Gelar Master of Computer Science (M.Cs.)
c. Gelar Master of Public Health (M.P.H.)
d. Gelar Magister Agama (M.Ag.)
e. Gelar Magister Ilmu Komputer (M.Kom.)
f. Gelar Magister Pendidikan (M.Pd.)

4. Gelar Doktor (S3)
Doktor adalah gelar tertinggi akademik yang dapat diberikan kepada seseorang yang berpendidikan diperoleh dari perguruan tinggi. Untuk memperoleh gelar doktor di Indonesia, seseorang biasanya harus mengambil kursus (kelas) dan akhir melakukan penelitian untuk disertasi. Di Indonesia, gelar doktor dari setiap bidang studi dan gelar doktor ditulis di depan nama yang berhak untuk menyertakan singkatan ‘DR’. Pendidikan doktor strata disebut sebagai Tier-3 atau biasa disingkat S3.
 

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pengertian Gelar, Gelar Akademik, Cara Penulisan, dan Contohnya"