Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Fashion, Faktor, Fungsi, dan Manfaatnya

Pengertian Fashion, Faktor, Fungsi, dan Manfaatnya


A. Pengertian Fashion

Mode atau fesyen dari bahasa Inggris fashion merupakan sebuah ekspresi estetika yang populer pada waktu, masa, tempat tertentu dan dalam konteks tertentu, terutama pada pakaian, alas kaki, gaya hidup, aksesori, riasan wajah, gaya rambut, dan proporsi tubuh. Meskipun sering digunakan secara bersamaan, namun istilah mode (fashion) berbeda dari pakaian dan kostum. Mode (fashion) menggambarkan sistem sosial dan temporal yang "mengaktifkan" pakaian sebagai penanda sosial dalam waktu dan konteks tertentu.

Definisi mode saat ini sangat dekat dengan gaya hidup. Gaya hidup seseorang juga bisa diukur dari pakaiannya. Seiring waktu, gaya hidup dapat menjadi indikator dan faktor penentu untuk status sosial dan juga untuk pekerjaan yang dilakukannya. Untuk lebih jelasnya berikut beberapa pengertian fashion menurut para ahli di antaranya,
1. Thomas Karlyle, fashion adalah simbol jiwa. Pakaian tidak lepas dari perkembangan sejarah kehidupan dan budaya manusia. Dengan kata lain, busana bisa diartikan sebagai kulit sosial yang mengandung pesan dan juga jalan kehidupan manusia. Individu dan beberapa komunitas yang merupakan bagian dari budaya sosial. Selain itu, fashion juga bisa menunjukkan identitas pemakainya. Karena itu, tak perlu dikatakan bahwa banyak orang yang menghargai modalitas yang mereka kenakan. Karena itu diasumsikan bahwa ini mempengaruhi harga diri di depan umum. Ini tentu salah satu alasan mengapa fashion sangat penting bagi perkembangan kehidupan manusia.
2. Malcolm Barnard, fashion terkait erat dengan kata Latin, factio yang berarti “melakukan”. Jadi fashion adalah aktivitas seseorang. Tapi sekarang tampaknya ada penyempitan makna. Karena fashion lebih langsung saat ini daripada fashion yang dikenakan oleh individu atau kelompok seperti pakaian dan perhiasan. Padahal busana sebenarnya memiliki definisi seperti bentuk, jenis, prosedur atau tindakan.

B. Faktor yang Mempengaruhi Fashion
1. Media Massa, melalui media massa fashion di seluruh dunia yang mudah diperbarui, Anda dapat mengikuti tren yang berkembang. Media massa tampaknya membawa fashion ke dalam kontak dengan publik.
2. Dunia Enterteiment, dunia hiburan merupakan faktor yang sangat penting untuk penyebaran tren fashion di masyarakat. Selebriti, yang selalu tampil di berbagai media dan menjadi idola, selalu berganti mode untuk mengikuti tren mode.
3. Media Internet, internet juga menjadi faktor penentu penyebar luasan trend fashion, situs web yang selalu menyajikan saran dan tren fashion terbaru, hingga pemasok pakaian online juga membantu menawarkan berbagai pakaian yang mengikuti tren fashion.
4. Dunia Bisnis, mengingat banyaknya pertanyaan di pasar terkait dengan perkembangan tren fashion. Untuk alasan keuntungan, penjual berlomba menggunakan tren fesyen untuk menarik pembeli. Tren fashion sudah akan menyebar melalui imajinasinya ketika merancang pakaian.
5. Dunia Musik, dunia musik saat ini dipenuhi band-band pria dan wanita. Band ini mengikuti tren fesyen ke arah Korea dan Jepang. Sehingga penggemar mau tidak mau mengikuti tren fashion idola mereka.

C. Fungsi Fashion
Saat ini fashion tidak sekedar untuk memenuhi kebutuhan dalam kehidupan sehari-hari, namun lebih dari itu menjadi salah satu gaya hidup. Hal tersebut tidak lepas dari posisi wanita zaman sekarang yang memiliki peranan yang kompleks dalam kehidupan masyarakat. Dulu aktivitas wanita hanya di rumah saja sehingga kebutuhan fashion tidak terlalu banyak dan apa adanya. Sedangkan wanita sekarang memiliki peranan yang penting dalam kehidupan keluarga maupun sosial.

Wanita tidak lagi identik dengan rumah dan dapur, sekarang banyak wanita yang turut serta membantu perekonomian keluarga dengan bekerja sebagai wanita karier atau menjadi pebisnis. Dari situlah muncul fashion yang menunjang kebutuhan sehari-hari, karier dan pekerjaan wanita. Dengan demikian wanita bisa berpenampilan modis dan trendy sesuai dengan kepribadian dan karakternya masing-masing.

D. Manfaat Fashion
Ada beberapa manfaat dalam kehidupan sehari-hari di antaranya,
1. Memberikan Rasa Percaya Diri, secara psikologis, setiap wanita yang terlihat menarik dan nyaman memiliki kepercayaan diri lebih daripada wanita yang terlihat tidak menarik. Kepercayaan memengaruhi pikiran ketika melakukan berbagai jenis pekerjaan dan aktivitas.
2. Memberikan Daya Tarik Tersendiri, mengenakan pakaian terlihat lebih menarik. Terutama sehubungan dengan kesopanan dan keramahan akan ada karisma yang menarik sehingga orang merasa nyaman ketika mereka berbicara dan dekat dengan mereka.
3. Membuat Bahagia, tidak hanya memanjakan diri dengan membeli pakaian dan barang baru. Tapi perasaan puas dengan mode yang menjadi perhatian bisa memberi perasaan bahagia.
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 3.1 Perbedaan, Kesetaraan, dan Harmoni Sosial (Kurikulum Revisi 2016)
2. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 3.2 Perbedaan, Kesetaraan, dan Harmoni Sosial (Kurikulum Revisi 2016)
3. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 3.3 Perbedaan, Kesetaraan, dan Harmoni Sosial (Kurikulum Revisi 2016)
4. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 3.4 Perbedaan, Kesetaraan, dan Harmoni Sosial (Kurikulum Revisi 2016)   
5. Materi Sosiologi Kelas XI. Bab 3. Perbedaan, Kesetaraan, dan Harmoni Sosial (Kurikulum 2013)
6. Materi Sosiologi Kelas XI. Bab 1. Bentuk-bentuk Struktur Sosial (KTSP)
7. Materi Ujian Nasional Kompetensi Dinamika Struktur Sosial 
8. Materi Sosiologi Kelas XI. Bab 6. Masyarakat Multikultural (KTSP)
9. Materi Ujian Nasional Kompetensi Masyarakat Multikultural
10. Materi Ringkas Struktur Sosial dan Diferensiasi Sosial

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Untuk ilalang yang senang merentang garis-garis fantastik di langit

Post a Comment for "Pengertian Fashion, Faktor, Fungsi, dan Manfaatnya"