Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Dokter

Pengertian Dokter


Dokter dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah lulusan pendidikan kedokteran yang ahli dalam hal penyakit dan pengobatannya. Secara etimologis istilah dokter merupakan serapan dari bahasa Belanda "dokter", yang diperoleh dari bahasa Belanda Pertengahan (Middle Dutch) "doctor", yang diperoleh dari bahasa Latin "doctor" (berarti guru, pengajar atau instruktor).

Dokter adalah seseorang yang karena keilmuannya berusaha menyembuhkan orang-orang yang sakit. Namun tidak semua orang yang menyembuhkan penyakit bisa disebut dokter. Untuk menjadi dokter biasanya diperlukan pendidikan dan pelatihan khusus dan mempunyai gelar dalam bidang kedokteran.

Dokter umum adalah istilah untuk dokter yang fokus merawat masalah kesehatan umum dan gejala yang terjadi pada pasien. Seorang dokter umum juga dikenal sebagai dokter layanan kelas satu, di mana dokter umum berperan dalam penyediaan pencegahan, diagnosis dan terapi awal dan dapat menghubungi spesialis.

Secara umum, perbedaan mendasar antara dokter umum dan spesialis adalah dalam memberikan layanan kesehatan yang komprehensif kepada pasien. Selain itu, dokter umum memainkan peran penting dalam perawatan medis awal dan berkelanjutan pasien dari segala usia.

Di masyarakat, seorang dokter umum dapat bekerja di mana saja, misalnya di rumah sakit, pusat kesehatan atau klinik pribadinya. Tidak jarang bagi dokter umum untuk bekerja di berbagai disiplin medis (multidisiplin) lainnya untuk mendukung penyembuhan pasien.

Dokter Menurut Para Ahli
1. Astuti, menjelaskan bahwa seorang dokter adalah orang yang memiliki kekuatan dan kekuatan yang tepat untuk melakukan pelayanan kesehatan, terutama melalui pemeriksaan dan pengobatan penyakit dan yang dilakukan sesuai dengan undang-undang perawatan kesehatan.
2. Hariyani, pemahaman dokter adalah bagian yang memiliki pengalaman medis. Dalam posisi ini, dokter adalah orang yang dianggap ahli dalam bidang kedokteran.
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 3.1 Perbedaan, Kesetaraan, dan Harmoni Sosial (Kurikulum Revisi 2016)
2. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 3.2 Perbedaan, Kesetaraan, dan Harmoni Sosial (Kurikulum Revisi 2016)
3. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 3.3 Perbedaan, Kesetaraan, dan Harmoni Sosial (Kurikulum Revisi 2016)
4. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 3.4 Perbedaan, Kesetaraan, dan Harmoni Sosial (Kurikulum Revisi 2016)   
5. Materi Sosiologi Kelas XI. Bab 3. Perbedaan, Kesetaraan, dan Harmoni Sosial (Kurikulum 2013)
6. Materi Sosiologi Kelas XI. Bab 1. Bentuk-bentuk Struktur Sosial (KTSP)
7. Materi Ujian Nasional Kompetensi Dinamika Struktur Sosial 
8. Materi Sosiologi Kelas XI. Bab 6. Masyarakat Multikultural (KTSP)
9. Materi Ujian Nasional Kompetensi Masyarakat Multikultural
10. Materi Ringkas Struktur Sosial dan Diferensiasi Sosial

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Untuk ilalang yang senang merentang garis-garis fantastik di langit

Post a Comment for "Pengertian Dokter"