Pengertian Cedera, Tanda, dan Macamnya

Pengertian Cedera
Cedera

A. Pengertian Cedera
Cedera dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah cacat (luka) sedikit; ada cacatnya; rusak. Mencederai adalah menyebabkan cedera; melukai. Demikian Cedera atau luka adalah sesuatu kerusakan pada struktur atau fungsi tubuh karena suatu paksaan atau tekanan fisik maupun kimiawi.

Menurut Graha & Priyo (2009 ; 45), cedera atau trauma adalah kelainan yang terjadi pada tubuh yang mengakibatkan timbulnya nyeri, panas, merah, bengkak, dan tidak dapat berfungsi dengan baik pada otot, tendon, ligament, persendian, maupun tulang akibat aktivitas gerak yang berlebihan atau kecelakaan.

Seseorang yang cedera akan mengalami proses yang biasa kita sebut dengan inflamasi (peradangan). Di mana tubuh melakukan proses secara alamiahnya melakukan pertahanan diri dengan melepaskan zat kimia tertentu sebagai reaksi imun bertujuan merusak zat atau objek asing yang dianggap merugikan (sel yang rusak, bakteri, virus) dalam memperbaiki kerusakan tubuh pada tingkat sel.

Respons inflamasi yang terjadi dalam waktu yang lama dapat merusak tubuh. Hal ini terjadi karena zat atau organisme pemicu inflamasi dapat bertahan lama pada pembuluh darah dan mengakibatkan penumpukan plak. Plak dalam pembuluh darah tersebut dapat dianggap sebagai zat berbahaya dan akibatnya proses inflamasi kembali terjadi.

Akibatnya terjadi kerusakan pada pembuluh darah, dampak selanjutnya adalah kerusakan sistem tubuh yang mempengaruhi fungsi dan gerak tubuh dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

B. Tanda Cedera
Tanda-tanda tubuh  saat mengalami cedera di antaranya,
1. Peningkatan suhu sekitar jaringan, biasanya agak terasa hangat pada jaringan yang mengalami trauma
2. Terjadinya pembengkakan
3. Terjadinya pendarahan (bisa terjadi di dalam atau luar jaringan)
4. Peningkatan rasa nyeri pada jaringan yang mengalami trauma
5. Adanya penurunan fungsi dan gerak anggota tubuh, jika mengalami cedera yang berat.
 
C. Macam Cedera
1. Luka bakar adalah cedera yang diakibatkan oleh sesuatu yang panas.
2. Patah tulang atau fraktur, cedera pada tulang.
3. Luka pada kulit yang dapat mengakibatkan pendarahan atau hanya lecet.
4. Memar adalah pendarahan di dalam tubuh, di kulit terlihat warna kebiruan.
 

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pengertian Cedera, Tanda, dan Macamnya"