Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Busana, Konsep, Kriteria, dan Fungsinya

Pengertian Busana, Konsep, Kriteria, dan Fungsinya


A. Pengertian Busana

Busana dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah pakaian; baju. Istilah busana berasal dari bahasa sanskerta yaitu bhusana yang dapat diartikan pakaian. Namun demikian pengertian busana dan pakaian terdapat sedikit perbedaan, di mana busana mempunyai konotasi pakaian yang bagus atau  indah yaitu pakaian yang serasi, harmonis, selaras, enak dipandang, nyaman melihatnya, cocok dengan pemakai serta sesuai dengan kesempatan. Sementara pakaian merupakan bagian dari busana itu sendiri.

B. Konsep Busana
Pemakaian istilah busana dalam bahasa inggris sangat beragam di antaranya,
1. Fashion, lebih difokuskan pada mode yang pada umumnya ditampilkan seperti istilah mode yang biasanya digemari masyarakat yaitu in fashion, mode yang dipamerkan disebut fashion show, pencipta mode disebut fashion designer dan buku mode disebut fashion book.
2. Costume, istilah ini berkaitan dengan jenis busana seperti busana nasional yaitu national costume, busana muslim disebut moslem costume, busana tradisional disebut traditional costume.
3. Clothing, dapat diartikan sandang atau busana yang berkaitan dengan kondisi atau situasi seperti busana untuk musim dingin disebut winter cloths, busana musim panas yaitu summer cloths dan busana untuk musim semi yaitu spring cloths.
4. Dress, dapat diartikan seperti gaun, rok dan blus yaitu busana yang menunjukkan kesan tertentu misalnya busana untuk kesempatan resmi disebut dress suit, busana seragam disebut dress uniform, dan busana untuk busana dress party. Dres juga dapat dipakai untuk menunjukkan mode pakaian seperti long dress, sack dress, maupun Malaysian dress.
5. Wear, istilah ini dipakai untuk menunjukkan jenis busana itu sendiri, contoh busana anak disebut children's wear, busana pria disebut men's wear dan busana wanita disebut women's wear.

C. Kriteria Busana
Busana dalam pengertian luas adalah segala sesuatu yang dipakai mulai dari kepala sampai ujung kaki yang memberi kenyamanan dan menampilkan keindahan bagi si pemakai. Secara  garis  besar  busana meliputi di antaranya,
a. Busana mutlak, yaitu busana yang tergolong busana pokok seperti baju, rok, kebaya, blus, dan lain-lain termasuk pakaian dalam seperti singlet, bra, celana dalam dan lain-lain.
b. Milieneris, yaitu pelengkap busana yang sifatnya melengkapi busana mutlak serta memiliki nilai guna di samping untuk keindahan. Seperti sepatu, topi, kaus kaki, kacamata, jam tangan dan lain-lain.
c. Aksesoris, yaitu pelengkap busana yang sifatnya hanya untuk menambah keindahan si pemakai. Seperti cincin, kalung, bros dan lain-lain.

D. Fungsi Busana
1. Aspek biologis, yaitu untuk melindungi tubuh dari cuaca, sinar matahari, debu, serta gangguan binatang. Selain itu busana juga berfungsi untuk menutupi atau menyamarkan kekurangan dari si pemakai.
2. Aspek psikologis busana dapat menambah percaya diri pada si pemakai sehingga menimbulkan sikap dan tingkah laku yang wajar. Busana juga dapat memberikan rasa nyaman pada si pemakainya.
3. Aspek sosial  busana berfungsi sebagai penutup aurat, menggambarkan adat dan budaya, untuk media informasi suatu instansi ataupun lembaga dan sebagai media komunikasi verbal.
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 3.1 Perbedaan, Kesetaraan, dan Harmoni Sosial (Kurikulum Revisi 2016)
2. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 3.2 Perbedaan, Kesetaraan, dan Harmoni Sosial (Kurikulum Revisi 2016)
3. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 3.3 Perbedaan, Kesetaraan, dan Harmoni Sosial (Kurikulum Revisi 2016)
4. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 3.4 Perbedaan, Kesetaraan, dan Harmoni Sosial (Kurikulum Revisi 2016)   
5. Materi Sosiologi Kelas XI. Bab 3. Perbedaan, Kesetaraan, dan Harmoni Sosial (Kurikulum 2013)
6. Materi Sosiologi Kelas XI. Bab 1. Bentuk-bentuk Struktur Sosial (KTSP)
7. Materi Ujian Nasional Kompetensi Dinamika Struktur Sosial 
8. Materi Sosiologi Kelas XI. Bab 6. Masyarakat Multikultural (KTSP)
9. Materi Ujian Nasional Kompetensi Masyarakat Multikultural
10. Materi Ringkas Struktur Sosial dan Diferensiasi Sosial

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Untuk ilalang yang senang merentang garis-garis fantastik di langit

Post a Comment for "Pengertian Busana, Konsep, Kriteria, dan Fungsinya"