Pengertian Aspirasi dan Jenisnya

Pengertian Aspirasi dan Jenisnya
Aspirasi

A. Pengertian Aspirasi
Aspirasi dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah harapan dan tujuan untuk keberhasilan pada masa yang akan datang. Sementara beraspirasi dalam KBBI adalah bercita-cita; berkeinginan; berhasrat. Aspirasi merupakan suatu topik pembahasan yang tidak dapat terlepas dari kehidupan masyarakat, sebab aspirasi berkaitan dengan pandangan, minat dan harapan/cita-cita masyarakat di dalam kehidupannya.

Aspirasi dapat dikelompokkan berdasarkan usaha individu dalam memperoleh target yang telah ditetapkan. Aspirasi yang dimiliki individu dapat berupa aspirasi positif atau aspirasi negatif yang ditinjau dari orientasi individu mencapai kesuksesan, aspirasi jangka pendek atau jangka panjang yang ditinjau dari orientasi kebutuhan individu, dan aspirasi realistik atau aspirasi tidak realistik yang ditinjau dari kesadaran individu akan kemampuannya dalam mencapai aspirasi yang diinginkan (Hurlock, 1979).

Terbentuknya aspirasi individu dapat dipengaruhi oleh faktor inteligensi, jenis kelamin, minat, nilai yang dianut, tekanan keluarga, harapan kelompok, tradisi kultural, kompetisi dengan individu lain, pengalaman masa lalu, media massa, dan karakteristik personal.  

Aspirasi Menurut Ahli
Hurlock (1979), aspirasi adaah sebagai keinginan yang kuat dan usaha yang dilakukan untuk meraih sesuatu yang lebih tinggi dari keadaan sekarang. Keinginan tersebut dapat berupa keinginan meningkatkan status individu, maupun keinginan yang tidak wajar dan terlalu berani.

B. Jenis Aspirasi
Menurut Hurlock (1999) jenis aspirasi dibedakan berdasarkan sifat dan tujuannya.
1. Berdasarkan Sifatnya
a. Aspirasi Positif Aspirasi positif adalah keinginan meraih kemampuan. Orang yang memiliki aspirasi positif adalah mereka yang ingin mendapatkan yang lebih baik atau lebih tinggi daripada keadaannya sekarang.
b. Aspirasi Negatif Aspirasi negatif adalah keinginan mempertahankan apa yang sudah dicapai saat ini, tanpa keinginan untuk meningkatkan apa yang sudah dicapainya

2. Berdasarkan Tujuannya
a. Aspirasi Langsung (Immediate Aspiration), merupakan aspirasi yang tujuan/ cita -cita yang ingin dicapai seseorang pada waktu yang dekat atau tidak terlalu lama (sekarang, besok, minggu depan, atau bulan depan).
b. Aspirasi Jauh (Remote Corporation), merupakan aspirasi dengan tujuan yang ingin dicapai untuk masa mendatang.
 

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pengertian Aspirasi dan Jenisnya"