Pengertian Verifikasi, Langkah, dan Metodenya

Pengertian Verifikasi
Verifikasi
A. Pengertian Verifikasi
Verifikasi dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah pemeriksaan tentang kebenaran laporan, pernyataan, perhitungan uang, dan sebagainya. Verifikasi merupakan proses membangun kebenaran, akurasi, atau validitas sesuatu. Verifikasi juga bisa diartikan sebagai perbandingan dua atau lebih item, atau penggunaan tes tambahan, untuk memastikan keakuratan, kebenaran, atau kebenaran informasi.

Proses verifikasi ini biasanya diperlukan untuk mengukur kebenaran dan kompatibilitas satu sama lain. Verifikasi juga kadang diartikan sebagai suatu konfirmasi yang dilakukan dengan menyediakan dengan bukti yang objektif yang menunjukkan bahwa persyaratan telah dipenuhi.

Dalam konteks penelitian, verifikasi diartikan sebagai proses menentukan kebenaran dari suatu pernyataan dengan menggunakan sebuah metode yang empirik (berdasarkan atas pengalaman) dan pengujian ilmiah untuk suatu pernyataan atau proposisi untuk memastikan suatu kebenaran.

B. Langkah Verifikasi
Terdapat 3 (tiga) langkah dalam proses verifikasi di antaranya,
1. Perencanaan
2. Eksekusi atau Pelaksanaan
3. Pelaporan

C. Metode Verifikasi
Terdapat 4 (empat) metode utama untuk persyaratan verifikasi di antaranya,
1. Inspeksi, adalah proses pemeriksaan produk menggunakan satu atau beberapa panca indera, seperti dalam penglihatan, pendengaran, penciuman, sentuhan, dan rasa.
2. Demonstrasi, adalah proses memanipulasi produk untuk memastikan bahwa kinerjanya seperti yang diharapkan.
3. Pengujian, adalah proses pengecekan kinerja suatu produk dengan input yang telah ditentukan dan nilai output yang diharapkan.
4. Analisis, adalah proses menggunakan perhitungan dan model untuk mengevaluasi kinerja. Hal ini sering digunakan untuk memprediksi kinerja berdasarkan karakteristik yang diketahui. 

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pengertian Verifikasi, Langkah, dan Metodenya"