Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Universalisme

Pengertian Universalisme
Universalisme

Universalisme dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah aliran yang meliputi segala-galanya; penerapan nilai dan norma secara umum. Dalam bahasa Latin ditemukan kata universum yang berarti "alam semesta dunia". Dari kata tersebut, dibentuk kata sifatnya, yaitu "universalis", yang artinya umum, mencakup semua, menyeluruh. Dalam bahasa Inggris, kata Latin universalis menjadi universal. Kata ini dapat berarti konsep umum yang dapat diterapkan pada sisi mana pun.

Universalisme atau kesemestaan merupakan istilah yang mengacu terhadap kerangka-kerangka kefilsafatan mengenai alam semesta (hal-hal apa saja yang diterapkan untuk segala macamnya di alam semesta). Istilah ini menyadur dalil yang banyak tentang seluruh manusia berdasarkan kelengkapan wujudnya. Dari sudut pandang agama, istilah ini yakni sebuah aturan yang berlandaskan kepada kepatuhan semua makhluk kepada kehendak dan perlindungan dari Sang Pencipta serta menandaskan hal-hal yang tak kalah pentingnya yakni dengan mengingatkan bahwa seorang manusia pun bisa saja akan terlenakan hingga Tuhan tidak lagi menghendaki kehadiran manusia tersebut, menolaknya dan melupakannya sepenuhnya.
 

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani من لم يذق مر التعلم ساعة, تجرع ذل الجهل طول حياته | “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pengertian Universalisme"