Pengertian Umur atau Usia

Pengertian Umur atau Usia
Umur atau Usia
A. Pengertian Umur atau Usia
Umur atau usia dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah lama waktu hidup atau ada (sejak dilahirkan atau diadakan). Demikian, umur atau usia pada manusia adalah waktu yang terlewat sejak kelahiran. Semisal, umur manusia dikatakan lima belas tahun diukur sejak dia lahir hingga waktu umur itu dihitung. Maka dari itu, umur diukur dari tahun lahirnya hingga tahunnya sekarang. Manakala usia pula diukur dari tahun kejadian hingga tahun sekarang (masa kini).

B. Jenis Perhitungan Umur
1. Usia kronologis, adalah perhitungan usia yang dimulai dari saat kelahiran seseorang sampai dengan waktu penghitungan usia.
2. Usia mental, adalah perhitungan usia yang didapatkan dari taraf kemampuan mental seseorang. Misalkan seorang anak secara kronologis berusia empat tahun akan tetapi masih merangkak dan belum dapat berbicara dengan kalimat lengkap dan menunjukkan kemampuan yang setara dengan anak berusia satu tahun, maka dinyatakan bahwa usia mental anak tersebut adalah satu tahun.
3. Usia biologis, adalah perhitungan usia berdasarkan kematangan biologis yang dimiliki oleh seseorang.

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pengertian Umur atau Usia"