Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Sugesti, Faktor, dan Jenisnya

Pengertian Sugesti, Faktor, dan Jenisnya


A. Pengertian Sugesti

Sugesti dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah pendapat yang dikemukakan (untuk dipertimbangkan); anjuran; saran; pengaruh dan sebagainya yang dapat menggerakkan hati orang dan sebagainya; dorongan. Sugesti merupakan kata serapan dari bahasa Inggris suggestion. Sugesti adalah pemberian pengaruh atau pandangan dari satu pihak kepada pihak lain.

Akibat sugesti pihak yang dipengaruhi akan tergerak mengikuti pengaruh atau pandangan tersebut dan menerimanya secara sadar atau tidak sadar tanpa berpikir panjang. Secara umum, sugesti diberikan oleh kelompok yang memiliki kedudukan besar atau pengaruh yang kuat di suatu lingkungan. Hal itu disebabkan karena seseorang akan mudah menerima apabila suatu hal dikemukakan oleh kelompok besar atau mayoritas.

Sugesti berlangsung ketika seseorang memberi pandangan atau pernyataan sikap yang dianutnya dan diterima oleh orang lain. Sugesti bisanya muncul ketika si penerima sugesti tidak dapat berpikir rasional. Ia akan langsung menerima segala anjuran atau nasihat yang diberikan dan meyakini kebenarannya.

B. Faktor Sugesti
1. Faktor Pemberi Sugesti
a. Orang yang berwibawa, karismatik, atau memiliki pengaruh yang kuat terhadap penerima sugesti.
b. Orang yang memiliki kedudukan yang lebih tinggi dari penerima sugesti
c. Kelompok mayoritas terhadap minoritas
d. Reklame atau iklan di media massa

2. Faktor Penerima Sugesti
Sugesti bukan hanya karena faktor si pemberi sugesti, tapi juga karena beberapa faktor di dalam diri si penerima sugesti di antaranya,
a. Terhambatnya daya berpikir kritis
b. Kemampuan berpikir yang terpecah belah (disosiasi). Disosiasi terjadi ketika seseorang sedang dilanda kebingungan karena menghadapi berbagai persoalan
c. Orang yang ragu-ragu dan pendapat satu arah.

C. Jenis Sugesti
1. Auto Sugesti, merupakan pengaruh yang datang dari dalam diri sendiri. Auto Sugesti juga sering disebut dengan motivasi diri.
2. Hetero Sugesti, merupakan pengaruh yang didapat dari orang di sekitar atau lingkungan terdekat. Hetero sugesti umumnya dilakukan oleh orang yang memiliki kedudukan atau pengaruh yang kuat dalam suatu lingkungan. Hetero sugesti dibagi menjadi 3 jenis di antaranya,
a. Sugesti Prestise (prestige suggestion) diartikan sebagai pengaruh yang muncul akibat prestise yang dimiliki oleh orang lain atau kelompok yang memberikan sugesti. Pengaruh ini biasanya dilakukan oleh seseorang yang memiliki jabatan di lingkungan tersebut.
b. Sugesti Negatif, pengaruh ini bersifat negatif dan menekan pihak lainnya.
c. Sugesti Kerumunan, dilakukan oleh kelompok dengan anggota yang besar sehingga pengaruh yang diberikan juga lebih besar. Sugesti ini umumnya diterima tidak didasari nalar tetapi karena merasa bagian dari anggota kelompok tersebut.

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 2.1 Permasalahan Sosial dalam Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
2. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 2.2 Permasalahan Sosial dalam Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
3. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 2.3 Permasalahan Sosial dalam Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
4. Materi Sosiologi Kelas XI. Bab 2. Permasalahan Sosial (Kurikulum 2013)
5. Materi Ujian Nasional Kompetensi Permasalahan Sosial

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Untuk ilalang yang senang merentang garis-garis fantastik di langit

Post a Comment for "Pengertian Sugesti, Faktor, dan Jenisnya"