Pengertian Rumah Tangga, Jenis, Kebutuhan, dan Fungsinya

Pengertian Rumah Tangga
Rumah Tangga
A. Pengertian Rumah Tangga
Rumah tangga dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah yang berkenaan dengan urusan kehidupan dalam rumah (seperti hal belanja rumah); berkenaan dengan keluarga. Rumah tangga terdiri dari satu atau lebih orang yang tinggal bersama-sama di sebuah tempat tinggal dan juga berbagi makanan atau akomodasi hidup, dan bisa terdiri dari satu keluarga atau sekelompok orang.

Sebuah tempat tinggal dikatakan berisi beberapa rumah tangga jika penghuninya tidak berbagi makanan atau ruangan. Rumah tangga adalah dasar bagi unit analisis dalam banyak model sosial, mikroekonomi, dan pemerintahan, dan menjadi bagian penting dalam ilmu ekonomi. Dalam arti luas, rumah tangga tidak hanya terbatas pada keluarga, bisa berupa rumah tangga perusahaan, rumah tangga negara, dan lain sebagainya.

Rumah Tangga Menurut Ahli
Keller (2009), rumah tangga tradisional terdiri dari suami, istri, dan anak-anak (dan terkadang kakek-nenek). Rumah tangga juga dapat diartikan sebagai suatu perusahaan yang di pimpin oleh ayah dan bagian keuangan oleh ibu, anak-anak berperan sebagai pelaksana dari kebijakan yang di berikan oleh ayah dan ibu.

B. Jenis Rumah Tangga
Menurut Badan Pusat Statistik (BPS) rumah tangga dibedakan menjadi dua di antaranya,
1. Rumah Tangga Biasa (Ordinary Household) adalah seorang atau sekelompok orang yang mendiami sebagian atau seluruh berguna fisik/sensus, dan biasanya tinggal bersama dan makan dari satu dapur.
2. Rumah Tangga Khusus (Special Household) adalah orang yang tinggal di asrama, panti asuhan, lembaga permasyarakatan, atau rumah tahanan yang pengurusan sehari-harinya dikelola oleh suatu yayasan atau lembaga serta sekelompok orang yang mondok dengan makan (indekos) dan berjumlah 10 orang atau lebih.

C. Kebutuhan Rumah Tangga
Jenis Komponen Perkiraan Kebutuhan Rumah Tangga sebagai dasar untuk memperkirakan kebutuhan manusia di antaranya,
1. Kesehatan, termasuk kondisi demografi
2. Makanan dan gizi
3. Kondisi pekerjaan
4. Situasi kesempatan kerja
5. Pendidikan, termasuk literacy dan skill
6. Konsumsi dan tata hubungan
7. Pengangkutan
8. Perumahan, termasuk fasilitas-fasilitas rumah
9. Sandang
10. Rekreasi dan liburan
11. Jaminan sosial
12. Kebebasan manusia

D. Fungsi Rumah Tangga
Klasifikasi peran dan fungsi Maslow dalam buku Pengantar Bisnis Nickels Dkk (2009) di antaranya,
1. Pemenuhan kebutuhan hidup, seperti bekerja untuk memenuhi pangan, sandang, dan papan. Kegiatan belajar untuk anak, penyediaan dan pemeliharaan pangan, sandang, papan serta kegiatan lain yang menyangkut kebutuhan rumah tangga.
2. Administrasi, yaitu kegiatan yang menyangkut catat-mencatat, kegiatan ini meliputi penyediaan dan pengaturan catatan keuangan, kartu dan surat-surat penting yang dibutuhkan untuk urusan anggota rumah tangga (kartu keluarga, surat nikah, ijazah, dan sebagainya)
3. Berhubungan dengan pihak luar dari rumah tangga, yaitu kegiatan bernegosiasi, kegiatan berhubungan antara keluarga dan kegiatan sosial lainnya. (Pohan Farida Elvina, 2012:21)

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pengertian Rumah Tangga, Jenis, Kebutuhan, dan Fungsinya"