Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Publikasi, Publikasi Ilmiah, Tujuan, dan Jenisnya

Pengertian Publikasi, Publikasi Ilmiah, Tujuan, dan Jenisnya


A. Pengertian Publikasi

Publikasi dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah pengumuman; penerbitan. Mempublikasikan adalah membuat konten yang diperuntukkan bagi publik atau umum. Publikasi merupakan hal penting yang harus dilakukan oleh seorang penulis dalam mempresentasikan apa yang sudah dikerjakannya. Hal ini merupakan titik tolak untuk mengetahui sejauh mana perkembangan ilmu-ilmu dalam segala bidang di seluruh dunia.

Publikasi adalah sebuah istilah teknis dalam konteks hukum dan utama dalam hukum hak cipta. Seorang penulis umumnya adalah pemilik awal dari suatu hak cipta bagi pekerjaannya. Suatu hak cipta diberikan bagi penulis atas karyanya, di mana hal itu merupakan hak ekslusif yang diberikan untuk mempublikasikan hasil karyanya.

Publikasi biasanya diterapkan untuk teks, gambar, atau konten audio visual lainnya di media apa pun, termasuk kertas (seperti surat kabar, majalah, katalog, dll) atau bentuk penerbitan elektronik seperti situs, buku elektronik, CD, dan MP3. Kata publikasi berarti tindakan penerbitan, dan juga mengacu pada setiap salinan.

B. Pengertian Publikasi Ilmiah
Publikasi ilmiah adalah bentuk aktualisasi dari mempublikasikan karya berupa dokumen, poster, manuskrip, abstrak, dan sejenisnya, yang bersifat ilmiah atau medis. Yang di dalamnya sendiri biasanya mencakup validasi data, hasil uji klinis atau informasi lain apa pun mengenai atau terkait dengan produk berlisensi. Perwujudannya bisa dalam bentuk paper ilmiah, artikel review, buku, dan lain-lain.

Publikasi terhadap karya-karya ilmiah dilakukan dengan beberapa tujuan, di antaranya yaitu memperoleh saran agar lebih baik dalam membuat tulisan ilmiah, mempunyai jaringan yang lebih luas, dan ikut andil dalam menuntaskan suatu permasalahan. Publikasi ilmiah tersebut tentunya juga akan memberikan manfaat baik bagi penulis itu sendiri, maupun bagi pembaca yang memperoleh pengetahuan baru dari hasil penelitian atau ulasan (review).

Publikasi Menurut Para Ahli
1. Astika (2008), publikasi adalah sebuah upaya yang dilakukan untuk menyebarkan informasi bermanfaat dalam apa pun misalkan itu tulisan, video, foto dan lain-lain sebagainya kumpulan publikasi ilmiah. Publikasi tersebut bisa digunakan sebagai sarana iklan atau promosi sehingga masyarakat menjadi tertarik.
2. Tjiptono, publikasi merupakan sebuah kegiatan untuk menyebarkan suatu ide pada masyarakat luas secara berkelompok. Publikasi dapat digunakan sebagai sarana mempromosikan barang dan jasa suatu perusahaan, membranding kepopuleran organisasi tertentu, dan menyebarkan informasi tentang suatu acara.
3. Sofjan Assauri, publikasi adalah merupakan suatu usaha yang dilakukan dalam rangka menarik minat masyarakat terhadap suatu produk atau jasa agar mereka bersedia menggunakan hal tersebut melalui media ragam publikasi ilmiah yang bersifat komersial seperti halnya pamflet, buku, video, foto, poster, wawancara televisi, iklan radio, dan iklan majalah
4. Mustafa, publikasi merupakan suatu cara untuk memberitahukan seseorang terhadap suatu informasi, produk, maupun ilmu. Di dalamnya terdapat banyak keuntungan tujuan publikasi ilmiah di antaranya,
a. Publikasi pasti akan sampai pada pengguna yang disasar.
b. Publikasi bisa mempengaruhi kemauan seseorang terhadap sesuatu yang telah dipaparkan karena ia mempunyai sifat dramatisasi.

C. Tujuan Publikasi Ilmiah
1. Memperoleh saran untuk lebih baik dalam membuat tulisan ilmiah
2. Mempunyai jaringan yang lebih luas
3. Ikut andil dalam menuntaskan suatu permasalahan

D. Jenis Publikasi Ilmiah
1. Paper/makalah penelitian, adalah artikel yang diterbitkan dalam jurnal internasional dan jurnal nasional dengan bercirikan ilmiah, berkisar dari beberapa halaman hingga beberapa lusin halaman. Dalam ilmu alam, paper penelitian saat ini telah menjadi alat paling penting untuk mengkomunikasikan hasil.
2. Artikel review, artikel jurnal yang merangkum status pengetahuan dalam bidang penelitian tertentu dengan mengutip semua studi terbaru yang relevan, tanpa menyajikan data baru sendiri. Selain jenis-jenis publikasi ilmiah seperti yang telah disebutkan di atas, ada pula jenis-jenis publikasi ilmiah lainnya yang mungkin pula berisi surat kepada editor, resensi buku, atau jarang jenis artikel lainnya.
3. Buku pelajaran, menyajikan status pengetahuan dalam bidang sains tertentu dalam format yang mudah diakses. Ini dapat ditujukan untuk audiens yang sangat berbeda, mulai dari siswa sekolah hingga ilmuwan profesional lainnya yang mungkin ingin menggunakannya sebagai referensi untuk program universitas mereka sendiri.
4. Prosiding konferensi, kumpulan abstrak bisa juga dipublikasikan, yaitu berupa ringkasan singkat pembicaraan atau poster yang dipresentasikan pada konferensi ilmiah, dalam bentuk buku. Apabila mengikuti proseding ini juga memiliki tingkat penilaian yang tinggi dalam acuan artikel yang terpublikasikan.
5. Monografi, sebuah buku yang cakupan pastinya bergantung pada bidang penelitian. Secara harfiah, itu berarti karya yang bertujuan untuk menyajikan semua yang diketahui tentang subjek tertentu. Dalam biologi organisme, ini mengacu pada perlakuan taksonomi menyeluruh dari semua spesies dari sekelompok organisme.
6. Flora/fauna/panduan lapangan, buku-buku biologi tentang organisme yang dapat membantu mengidentifikasi nama ilmiah tumbuhan atau hewan di wilayah tertentu, dan memberikan informasi tambahan tentang spesies tersebut.
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 4. Rancangan Penelitian Sosial (KTSP)
2. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 5. Pengumpulan Data dalam Penelitian (KTSP)
3. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 6. Pengolahan Data (KTSP)
4. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 7. Penulisan Laporan Penelitian (KTSP)
5. Materi Sosiologi Kelas X Bab 4.1 Rancangan Penelitian Sosial (Kurikulum Revisi 2016)
6. Materi Sosiologi Kelas X Bab 4.2 Rancangan Penelitian Sosial (Kurikulum Revisi 2016) 

7. Materi Sosiologi Kelas X Bab 5.1 Pengumpulan Data dalam Penelitian (Kurikulum Revisi 2016)
8. Materi Sosiologi Kelas X Bab 5.2 Pengumpulan Data dalam Penelitian (Kurikulum Revisi 2016)
 
9. Materi Sosiologi Kelas X Bab 6.1 Pengolahan dan Analisis Data (Kurikulum Revisi 2016)
10. Materi Sosiologi Kelas X Bab 6.2 Pengolahan dan Analisis Data (Kurikulum Revisi 2016) 

11. Materi Sosiologi Kelas X Bab 7.1 Laporan Penelitian (Kurikulum Revisi 2016)
12. Materi Sosiologi Kelas X Bab 7.2 Laporan Penelitian (Kurikulum Revisi 2016)
13. Materi Ujian Nasional Kompetensi Jenis Penelitian Sosial
14. Materi Ujian Nasional Kompetensi Langkah-Langkah Penelitian Sosial
15. Materi Ujian Nasional Kompetensi Metode Penelitian Sosial
16. Materi Ujian Nasional Kompetensi Manfaat Hasil Penelitian       
17. Materi Ringkas Jenis, Prosedur, Metode (Pendekatan), dan Teknik Pengumpulan Data Penelitian
18. Materi Ringkas Penentuan Topik dan Manfaat Penelitian

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Untuk ilalang yang senang merentang garis-garis fantastik di langit

Post a Comment for "Pengertian Publikasi, Publikasi Ilmiah, Tujuan, dan Jenisnya"