Pengertian Penghasilan

Pengertian Penghasilan
Penghasilan

Penghasilan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah,
1. proses, cara, perbuatan menghasilkan;
2. pendapatan; perolehan (uang yang diterima dan sebagainya)

Sementara menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK) penghasilan adalah pendapatan yang dihasilkan oleh perseorangan atau badan sehubungan dengan kegiatan usaha atau pekerjaan (earnings). Pengertian lain menyebutkan bahwa penghasilan adalah jumlah uang yang didapat dalam jangka waktu tertentu yang telah dikurangi dengan biaya-biaya lainnya, atau bisa juga disebut dengan pendapatan bersih.

Penghasilan (income) berarti suatu penambahan aktiva atau penurunan kewajiban yang mengakibatkan kenaikkan ekuitas yang tidak berasal dari kontribusi penanaman modal (PSAK Nomor 23 buku SAK 1994). Pengertian penghasilan dapat menjangkau keuntungan yang belum direalisasi, misalnya selisih lebih revaluasi aktiva tetap. Penghasilan dapat menambah atau menimbulkan berbagai jenis aktiva, atau mengurangi dan menyelesaikan kewajiban.

Dalam sebuah perusahaan, penghasilan adalah penentu utama harga saham suatu perusahaan, karena penghasilan serta faktor-faktor yang berkaitan dapat menunjukkan apakah bisnis akan menguntungkan dan berhasil dalam jangka panjang. Penghasilan merupakan angka yang penting dan banyak dipelajari dalam laporan keuangan perusahaan. Penghasilan menunjukkan profitabilitas, jika dibandingkan dengan perkiraan analis, sejarah kinerja perusahaan, dan relatif terhadap kompetitor dan rekan-rekan industri.
 

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pengertian Penghasilan"