Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Kebersamaan dan Unsurnya

Pengertian Kebersamaan dan Unsurnya


A. Pengertian Kebersamaan

Kebersamaan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah hal bersama. Kata kebersamaan kurang lebih memiliki makna sebuah ikatan yang terbentuk karena rasa kekeluargaan/persaudaraan, lebih dari sekedar bekerja sama atau hubungan profesional biasa.

B. Unsur Kebersamaan
1. Sehati (Satu Visi), artinya memiliki tujuan bersama yang hendak dicapai dengan asumsi jikalau dilakukan secara sendiri-sendiri akan mengalami kesulitan atau tujuan tersebut hanya bisa diraih secara bersama-sama membangun kelompok yang solid.
2. Tidak Egois, artinya tidak bersikeras mementingkan kepentingan sendiri, atau dengan kata lain kepentingan bersama atau kelompok diletakan di atas kepentingan individu. Hal ini hanya bisa terjadi jikalau setiap orang memiliki kesadaran bahwa eksistensi dirinya hanya mungkin jikalau diletakan bersama-sama dengan yang lain.
3. Kerendahan Hati, organisasi atau kelompok akan memiliki anggota yang heterogen. Terkadang ada sebagian anggota yang terlibat tidak memiliki keahlian dan pengalaman khusus, modal mereka hanya sekedar kerelaan demi memberikan sumbangsih. Maka selayaknya anggota yang memiliki usia lebih tua, pengalaman lebih matang, keahlian lebih tinggi, kondisi finansial lebih beruntung, untuk menekan rasa sombong dalam diri dan rela bekerja sama (sambil menuntun) dengan anggota lainnya. Kerendahan hati akan menghindarkan kita dari rasa benci, iri hati dan timbulnya kelompok yang terkotak-kotak.
4. Kerelaan Berkorban, setiap individu dalam sebuah organisasi atau kelompok, akan memiliki sumbangsih yang bisa berbeda-beda. Ada yang menyumbangkan dana, pikiran, fasilitas, tenaga atau waktu. yang punya finansial lebih menyumbangkan dana untuk transportasi dan konsumsi, sementara yang memiliki waktu menyumbangkan tenaga dan waktunya untuk melaksanakan tugas. Perbedaan sumbangsih jangan sampai membuat gesekan negatif yang bisa berdampak pada perpecahan. Jika ingin bekerja bersama-sama, maka siapkan kerelaan untuk mau berkorban dan jangan perhitungan.
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 1.1 Kelompok Sosial di Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016) 
2. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 1.2 Kelompok Sosial di Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
3. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 1.3 Kelompok Sosial di Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
4. Materi Sosiologi Kelas XI. Bab 1. Kelompok Sosial di Masyarakat (Kurikulum 2013)
5. Materi Sosiologi Kelas XI. Bab 5. Kelompok Sosial di Masyarakat (KTSP)
6. Materi Ujian Nasional Kompetensi Kelompok Sosial
7. Materi Ringkas Kelompok Sosial dan Mobilitas Sosial

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Untuk ilalang yang senang merentang garis-garis fantastik di langit

Post a Comment for "Pengertian Kebersamaan dan Unsurnya"