Pengertian Intim, Keintiman, dan Jenisnya

Pengertian Intim
Intim

A. Pengertian Intim, Keintiman
Intim dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah akrab; karib; rapat. Sementara keintiman masih dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah keakraban; kemesraan. Keintiman adalah kedekatan yang dirasakan oleh dua orang dan kekuatan dari ikatan yang menahan mereka bersama. Intimasi memainkan peranan utama dalam pengalaman manusia secara keseluruhan.

Keintiman bukanlah sekadar hubungan intim (seksual). Selain dalam percintaan, keintiman pun dibutuhkan dalam setiap hubungan, termasuk dalam pertemanan dan relasi keluarga. Keintiman juga terdiri atas beberapa jenis, mulai dari keintiman emosional, fisik, hingga spiritual.

Intimacy adalah kunci yang universal dalam segala jenis hubungan. Termasuk dalam relasi pertemanan, keluarga, pernikahan, dan hubungan personal lainnya. Hubungan personal adalah hubungan yang Anda jalani dengan orang dengan ikatan yang kuat.

B. Jenis Keintiman
1. Keintiman Emosional
Keintiman atau intimacy emosional membuat Anda bisa berbagi hal-hal pribadi pada sekelompok orang terpercaya. Hal ini tidak akan bisa Anda bagikan dengan orang lain. Misalnya, Anda dapat curhat apapun dengan kakak atau adik tanpa merasa dihakimi. Atau contoh lain, saat Anda tidak sabar menantikan pulang ke rumah, agar bisa bercengkerama dengan pasangan dan Buah Cinta Anda.

2. Keintiman Intelektual
Sesuai namanya, keintiman atau intimacy intelektual melibatkan ketertarikan Anda terhadap cara berpikir seseorang. Dengan adanya keintiman intelektual, Anda juga dapat mengekspresikan kerangka berpikir yang Anda miliki. Keintiman intelektual berperan dalam menjalin percakapan yang berisi serta memberikan ruang dalam pertukaran ide dan percakapan yang bermakna. Tanpa disadari, adegan keintiman intelektual mungkin sering Anda saksikan dalam berbagai film dan serial. Atau, keintiman intelektual barangkali juga Anda rasakan saat berdua dengan pasangan.

3. Keintiman Fisik
Keintiman fisik bisa Anda temukan melalui sentuhan fisik dan tubuh ke tubuh dengan seseorang. Keintiman fisik termasuk berpegangan tangan, kelonan (cuddling), serta hubungan seksual. Selain itu, memeluk erat teman dekat, saudara, dan anggota keluarga, juga merupakan sebuah bentuk intimacy atau keintiman fisik.

4. Keintiman eksperimental
Intimacy atau keintiman eksperimental dibangun dengan momen-momen manis bersama orang terdekat. Orang terdekat tersebut termasuk mereka yang memiliki ketertarikan yang sama dengan Anda. Aktivitas yang Anda dan orang terdekat sukai pun bisa sesederhana menonton serial dan film kesukaan, menginap bersama para sahabat, hingga jalan-jalan ke tempat-tempat baru.

5. Keintiman spiritual
Spiritualitas dapat memiliki arti yang berbeda antara satu orang dengan yang lainnya. Namun, secara umum, spiritualitas merujuk pada kepercayaan bahwa ada hal yang lebih besar dari diri Anda. Beberapa orang menghubungkan spiritualitas dengan rumah ibadah. Ada pula yang melihatnya sebagai hubungan manusia dengan alam semesta. Dengan bervariasinya makna spiritualitas bagi tiap-tiap individu, makna keintiman spiritual juga dapat berbeda bagi mereka. Intimacy atau keintiman spiritual dapat berupa ketenteraman saat berbuat baik dengan orang lain, hingga hubungan dengan orang-orang satu kepercayaan saat beribadah.
 

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pengertian Intim, Keintiman, dan Jenisnya"