Pengertian Gerak dan Jenisnya

Pengertian Gerak dan Jenisnya
Gerak

A. Pengertian Gerak
Gerak dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah peralihan tempat atau kedudukan, baik hanya sekali maupun berkali-kali. Gerak bisa maju bisa mundur, dan bisa maju mundur. Gerak juga bisa naik dan turun, bisa juga naik turun. Di dunia sains, gerak memiliki nilai besaran skalar dan vektor. Kombinasi dari kedua besaran tersebut dapat menjadi besaran baru yang disebut kecepatan dan percepatan.

Gerak merupakan suatu perubahan keadaan atau tempat dari suatu benda pada titik keseimbangan awal. Benda dikatakan bergerak apabila benda tersebut berpindah kedudukan pada benda lainnya baik pada perubahan yang mendekat ataupun yang menjauh. Secara sederhana gerak dapat berarti perpindahan posisi.

Faktor yang mempengaruhi benda bergerak ialah luas area, bentuk benda, berat benda, kondisi benda yang dilalui. Gerakan pada sebuah benda umumnya dipengaruhi oleh dua jenis energi, yakni Energi Potensial dan Energi kinetik. Berdasarkan perubahannya gerak dapat dibagi menjadi dua jenis, gerak osilasi dan tidak berosilasi.

Gerak Menurut Para Ahli
1. Kamajaya, gerak merupakan sebuah kedudukan terhadap suatu titik acuan atau pun titik yang menjadi patokannya.
2. Ruslan Tri S & Cahyo W, gerak adalah perubahan kedudukan suatu benda terhadap benda lain atau pun terhadap titik acuan tertentu.
3. Sri Murtono, gerak adalah berpindahnya tempat atau pun posisi dari satu posisi ke posisi yang lain.
4. Efrizon Umar, gerak merupakan perubahan kedudukan atau pun posisi terhadap suatu titik acuan tertentu.
5. J. Untoro, gerak merupakan suatu perubahan kedudukan terhadap suatu titik acuan atau pun titik yang menjadi patokannya.
6. Ruslan Tri S & Cahyo W, gerak ialah perubahan kedudukan suatu benda terhadap benda lain atau titik acuan tertentu.
7. Schmidt (1991), gerak adalah serangkaian proses yang dihubungkan dengan latihan atau pengalaman yang mengarah pada perubahan-perubahan yang relatif permanen dalam kemampuan seseorang untuk menampilkan gerakan-gerakan yang terampil.
8. Oxendine (1984), gerak adalah suatu proses perubahan perilaku gerak yang relatif permanen sebagai hasil dari latihan dan pengalaman.

B. Jenis Gerak
Ada banyak jenis atau macam gerak di antaranya,
1. Gerak Semu atau Relatif, yaitu gerak yang bersifat seakan-akan bergerak atau tidak sebenarnya (gambaran atau ilusi).
2. Gerak Ganda, yaitu gerak yang terjadi bersamaan dengan benda-benda yang ada di sekelilingnya.
3. Gerak Lurus, yaitu gerak pada suatu benda yang melalui lintasan garis lurus. Gerak lurus terbagi menjadi dua di antaranya,
a. Gerak lurus beraturan, yang bergerak secara lurus dan beraturan dengan kecepatan yang stabil.
b. Gerak lurus berubah beraturan, gerak suatu benda yang tidak beraturan dengan kecepatan yang tidak stabil atau berubah-ubah pada setiap waktunya.

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pengertian Gerak dan Jenisnya"