Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Dilema dan Dilema Sosial

Pengertian Dilema dan Dilema Sosial


A. Pengertian Dilema
Dilema dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) memiliki arti situasi sulit yang mengharuskan orang menentukan pilihan antara dua kemungkinan yang sama-sama tidak menyenangkan atau tidak menguntungkan; situasi yang sulit dan membingungkan. Dilema adalah istilah umum yang merujuk kepada suatu kondisi yang menyulitkan yaitu munculnya sebuah masalah yang menawarkan dua kemungkinan, di mana keduanya sama-sama tidak praktis untuk diterima.

Dilema dapat terjadi dalam semua aspek kehidupan manusia, misalnya asmara, keluarga, persahabatan, minat, dan lain-lainnya yang semuanya menyebabkan seseorang sulit mengambil keputusan. Di dalam kehidupan sehari-hari, kita tentunya pernah dihadapkan pada situasi serba sulit, salah satunya harus memilih antara A dan B. Sekilas, Anda mungkin cenderung memilih A karena beberapa faktor. Namun di sisi lain, Anda tidak bisa begitu saja mengacuhkan si B karena juga beberapa faktor. Situasi demikian ini lebih populer disebut dengan dilema.

Dilema mengharuskan seseorang bijak memilih di antara pilihan yang sulit, yang paling sedikit menimbulkan efek negatif. Namun tidak menutup kemungkinan, ada pilihan lain yang muncul dalam mengatasi situasi yang dilematis.

B. Pengertian Dilema Sosial
Dilema sosial adalah situasi di mana kepentingan diri bertentangan dengan kesejahteraan kelompok dalam waktu jangka panjang atau situasi di mana keinginan individu menghasilkan konsekuensi yang tidak diinginkan oleh kelompok. Dalam istilah teknis dilema sosial adalah situasi di mana pilihan jangka pendek yang paling menguntungkan bagi individu pada akhirnya akan menimbulkan hasil negatif bagi semua pihak yang terkait.

Banyak situasi di mana kerja sama seharusnya dapat berkembang, tetapi tidak demikian halnya yang melibatkan sebuah kondisi yang disebut dilema sosial adalah situasi di mana setiap orang yang terlibat dapat meningkatkan hasil individual mereka dengan bertindak menang sendiri atau egois, tetapi jika semua orang melakukan hal yang sama, hasil akhir yang didapat oleh semua orang akan berkurang (Komorita dan Parks, 1994).

Sebagai hasilnya, orang-orang dalam situasi seperti ini harus berurusan dengan motif campuran (mixed motive): terdapat alasan untuk bekerja sama (menghindari hasil negatif untuk semua orang) tetapi juga alasan untuk berkompetisi melakukan yang terbaik bagi diri sendiri. Bagaimanapun juga jika hanya satu atau sedikit orang yang terlibat dalam perilaku ini, mereka akan diuntungkan sementara yang lain dirugikan.
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 2.1 Permasalahan Sosial dalam Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
2. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 2.2 Permasalahan Sosial dalam Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
3. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 2.3 Permasalahan Sosial dalam Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
4. Materi Sosiologi Kelas XI. Bab 2. Permasalahan Sosial (Kurikulum 2013)
5. Materi Ujian Nasional Kompetensi Permasalahan Sosial

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Untuk ilalang yang senang merentang garis-garis fantastik di langit

Post a Comment for "Pengertian Dilema dan Dilema Sosial"