Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Daftar Isi, Unsur, Struktur, Fungsi, dan Jenisnya

Pengertian Daftar Isi, Unsur, Struktur, Fungsi, dan Jenisnya


A. Pengertian Daftar Isi

Daftar isi merupakan urutan judul pada tiap bab beserta halaman yang terdapat pada sebuah buku atau bentuk tulisan lainnya. Fungsi daftar isi yaitu untuk memudahkan kita mencari judul penulisan secara cepat tanpa harus mencari satu persatu. Dengan mengetahui nomor halaman yang kita cari melalui daftar isi, kita bisa langsung meluncur ke halaman yang kita cari.

Daftar isi yang terdapat dalam sebuah dokumen berfungsi sebagai peta bagi pembaca, sehingga membuat pembaca lebih mudah untuk menemukan informasi dalam dokumen berdasarkan judul dan nomor halaman. Daftar isi yang baik harus disusun dengan baik, mudah dibaca dan mudah digunakan.

Selain buku, daftar isi juga diperlukan misalnya untuk penulisan esai formal di sekolah. Tapi hal ini tergantung pada panjang tulisan Anda. Jika Anda menulis esai mendalam dengan banyak jumlah halaman, daftar isi akan menambah kesan profesionalisme pada tulisan Anda.

Pliny the Elder memuji Quintus Valerius Soranus (wafat 82 SM) sebagai penulis pertama yang menyediakan daftar isi untuk membantu pembaca menavigasi karya yang panjang. Daftar isi Pliny untuk ensiklopedisnya Historia naturalis (“Natural History“) dapat dilihat secara online dalam bahasa Latin dan bahasa Inggris.

Daftar Isi Menurut Para Ahli
1. Your Dictionary, daftar isi atau Table of Content (TOC) adalah peta jalan untuk setiap bagian tulisan Anda. Apakah Anda sedang menulis esai atau buku, daftar isi akan memungkinkan pembaca menemukan informasi spesifik atau mengunjungi kembali bagian favorit mereka dalam teks.
2. Wordnik, daftar isi adalah daftar judul bagian-bagian buku atau dokumen, disusun sesuai urutan bagian-bagian itu. Daftar isi juga didefinisikan sebagai daftar divisi (bab atau artikel) dan halaman di mana mereka mulai.
3. Definitions, daftar isi adalah daftar bagian-bagian dari buku atau dokumen yang disusun sesuai urutan bagian-bagian tersebut. Daftar isi biasanya mencakup judul atau deskripsi dari header tingkat pertama, seperti judul bab dalam karya yang lebih panjang, dan sering termasuk judul tingkat dua atau bagian dalam bab juga, dan kadang-kadang bahkan judul tingkat ketiga.
4. Newton Gresham Libarary, daftar Isi atau Table of Content (TOC) adalah daftar terorganisir bab-bab dan bagian utama dari dokumen Anda. Pembaca akan segera dapat melihat bagaimana naskah Anda disusun dan kemudian beralih ke bagian yang paling relevan bagi mereka. Daftar isi yang jelas, ringkas, dan diformat dengan baik adalah indikator pertama dari makalah penelitian yang baik.

B. Unsur Daftar Isi
1. Halaman Judul, adalah salah satu unsur daftar isi yang harus terpenuhi, biasanya pada lembar yang berisi judul penulisan karya ilmiah seperti makalah, skripsi, laporan, atau karya ilmiah lainnya. Untuk lembar judul yang baik dan benar harus terdapat judul, logo sekolah/instansi/organisasi (jika ada), nama penyusun, dan nama sekolah/instansi/organisasi kemudian tahun penulisannya.
2. Kata Pengantar, adalah sebuah unsur daftar isi yang harus dibuat dan biasanya pada lembar yang berisi kata pengantar berupa ucapan puji syukur, terima kasih, gambaran singkat isi dan harapan penulis pada skripsi atau laporannya.
3. Latar Belakang, adalah lembar yang berisikan halaman pokok yang menjadikan sebab ditulisnya sebuah karya ilmiah tersebut.
4. Batasan Masalah, adalah halaman atau lembar yang berisikan masalah karya ilmiah yang sudah dipersempit dari latar belakang untuk ke depannya.
5. Rumusan Masalah, adalah poin penting masalah pada topik yang dibahas menjadi karya penulisan. Umumnya menulis rumusan masalah yang baik ditulis pada bentuk sebuah pertanyaan.
6. Tujuan, merupakan poin yang menjadi tujuan dari si penulis pada penulisan suatu karya ilmiah seperti makalah, laporan, atau skripsi.
7. Manfaat, merupakan hal yang akan di dapatkan dari penulisan makalah, laporan, atau skripsi setelah selesai dipublikasikan.
8. Identifikasi Masalah, adalah sebuah pendekatan yang di ambil oleh penulis untuk menganalisa suatu permasalahan yang akan disampaikan dalam materi makalah atau yang berhubungan dengan karya ilmiah.
9. Hipotesis, merupakan dugaan awal yang bersifat subjektif dalam suatu isi dan kesimpulan pada penulisan makalah dan karya ilmiahnya.
10. Simpulan, adalah inti dari isi dan pembahasan karya ilmiah skripsi, makalah, laporan, atau karya ilmiah lainnya.
11. Saran, merupakan poin yang berisi sebuah saran dari penulis pada karya ilmiahnya untuk si pembaca.

C. Struktur Daftar Isi
1. Abstrak (dimulai pada halaman iii)
2. Ucapan terima kasih (opsional)
3. Dedikasi (opsional)
4. Pendahuluan (opsional)
5. Daftar Isi (opsional untuk meletakkannya di daftar isi tulisan Anda)
6. Daftar Tabel (jika ada)
7. Daftar Gambar (jika berlaku)
8. Daftar lainnya, termasuk: Daftar Definisi, Daftar Algoritma, Daftar Persamaan (jika berlaku)
9. Badan utama teks Anda (misal, judul bab, judul, dan subjudul)
10. Lampiran atau lampiran (opsional)
11. Bibliography
12. Daftar Riwayat Hidup (Curriculum Vitae)

D. Fungsi Daftar Isi
Fungsi dari sebuah daftar isi sendiri adalah untuk memudahkan pembaca untuk mencari tahu judul yang diinginkan secara cepat tanpa harus melihat satu persatu dari setiap lembar penulisan. Oleh karena itu, salah satu cara untuk membuat daftar isi yang baik dan benar yaitu dengan memahami betul fungsinya serta unsur-unsur apa saja yang terdapat dalam sebuah daftar isi.

Fungsi daftar isi dalam sebuah penulisan sangatlah penting dalam pembuatan makalah atau skripsi. Karena dengan adanya daftar isi ini pembaca akan jauh lebih mudah menemukan halaman yang sedang dicari. Tanpa adanya daftar isi ini, pembaca akan kesulitan, bisa jadi pembaca tidak jadi untuk membaca makalah atau skripsi yang kamu buat.

Sebuah penulisan daftar isi yang baik dan benar dapat dilihat hanya dengan melihat unsur-unsur yang terdapat di dalamnya. Apabila unsur-unsur tersebut tidak terpenuhi, maka pembaca cenderung malas untuk membaca makalah atau skripsi yang sudah kamu buat.

E. Jenis Daftar Isi
Berikut ini beberapa contoh format penulisan daftar isi, antara lain adalah sebagai berikut;
1. Daftar isi tingkat tunggal (Single Level TOC)
2. Daftar isi yang dibagi lagi (Subdivided TOC)
3. Daftar isi bertingkat (Multi-Level TOC)
4. Daftar isi akademik
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 4. Rancangan Penelitian Sosial (KTSP)
2. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 5. Pengumpulan Data dalam Penelitian (KTSP)
3. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 6. Pengolahan Data (KTSP)
4. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 7. Penulisan Laporan Penelitian (KTSP)
5. Materi Sosiologi Kelas X Bab 4.1 Rancangan Penelitian Sosial (Kurikulum Revisi 2016)
6. Materi Sosiologi Kelas X Bab 4.2 Rancangan Penelitian Sosial (Kurikulum Revisi 2016) 

7. Materi Sosiologi Kelas X Bab 5.1 Pengumpulan Data dalam Penelitian (Kurikulum Revisi 2016)
8. Materi Sosiologi Kelas X Bab 5.2 Pengumpulan Data dalam Penelitian (Kurikulum Revisi 2016)
 
9. Materi Sosiologi Kelas X Bab 6.1 Pengolahan dan Analisis Data (Kurikulum Revisi 2016)
10. Materi Sosiologi Kelas X Bab 6.2 Pengolahan dan Analisis Data (Kurikulum Revisi 2016) 

11. Materi Sosiologi Kelas X Bab 7.1 Laporan Penelitian (Kurikulum Revisi 2016)
12. Materi Sosiologi Kelas X Bab 7.2 Laporan Penelitian (Kurikulum Revisi 2016)
13. Materi Ujian Nasional Kompetensi Jenis Penelitian Sosial
14. Materi Ujian Nasional Kompetensi Langkah-Langkah Penelitian Sosial
15. Materi Ujian Nasional Kompetensi Metode Penelitian Sosial
16. Materi Ujian Nasional Kompetensi Manfaat Hasil Penelitian       
17. Materi Ringkas Jenis, Prosedur, Metode (Pendekatan), dan Teknik Pengumpulan Data Penelitian
18. Materi Ringkas Penentuan Topik dan Manfaat Penelitian

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Untuk ilalang yang senang merentang garis-garis fantastik di langit

Post a Comment for "Pengertian Daftar Isi, Unsur, Struktur, Fungsi, dan Jenisnya"