Pengertian Bahaya, Membahayakan, dan Jenisnya

Pengertian Bahaya
Bahaya

A. Pengertian Bahaya
Bahaya dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) memiliki arti yang (mungkin) mendatangkan kecelakaan (bencana, kesengsaraan, kerugian, dan sebagainya). sementara membahayakan menurut KBBI adalah mengancam keselamatan; mendatangkan bahaya (kepada).

Demikian bahaya merupakan berbagai hal yang mampu memberikan dampak buruk, negatif, dan merugikan bagi seseorang. Hal ini bisa berupa kejadian, dampak, ataupun situasi tertentu. Dalam konteks-konteks tertentu bahaya memiliki sinonim yang berbeda-beda dan bisa digunakan sebagai pengganti kata tertentu di antaranya ancaman, bala, bencana, kecelakaan, kerawanan, kesusahan, malapetaka, mara, musibah, naas, petaka, risiko.

B. Jenis Bahaya
1. Bahaya Mekanik (Biomechanical hazards), adalah bahaya yang berasal dan diakibatkan oleh mesin, benda bergerak, atau alat-alat yang bisa mengakibatkan kecelakaan, luka, dan sebagainya.
2. Bahaya Fisik (Physical hazards), adalah bahaya yang berasal dari situasi atau keadaan fisik suatu objek yang mampu memicu terjadinya kecelakaan seperti kebisingan, radiasi, suhu ekstrem (sangat panas atau sangat dingin), pencahayaan, getaran, hingga desakan hawa.
3. Bahaya Kimia (Chemical hazards), adalah bahaya yang berasal dari bahan-bahan dan reaksi kimia, baik yang berbentuk padat, cair, maupun gas.
4. Bahaya Biologi (Biological hazards), adalah bahaya yang berasal dari hewan-hewan atau mikroorganisme tak kasat mata yang berada di sekitaran tempat kerja dan dapat masuk kedalam tubuh tanpa kita ketahui sehingga banyak penanganannya dilakukan setelah pekerja terinfeksi.
5. Bahaya Psikososial  (Psychosocial hazards), adalah bahaya yang berasal dari konflik batin dengan lingkungan yang ada di tempat kerja, baik itu dengan rekan kerja maupun dengan fasilitas yang ada di lingkungan kerja di mana kemudian dapat membuat seseorang mengalami stres hingga efek-efek buruk lainnya dari stres.
6. Bahaya Ergonomi (Ergonomic Hazards), adalah bahaya yang berasal dari adanya ketidaksesuaian desain kerja dengan kapasitas tubuh pekerja sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman di tubuh, pegal-pegal, sakit pada otot, tulang dan sendi, dan sebagainya.
 

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pengertian Bahaya, Membahayakan, dan Jenisnya"