Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Bahaya, Membahayakan, dan Jenisnya

Pengertian Bahaya, Membahayakan, dan Jenisnya


A. Pengertian Bahaya

Bahaya dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) memiliki arti yang (mungkin) mendatangkan kecelakaan (bencana, kesengsaraan, kerugian, dan sebagainya). sementara membahayakan menurut KBBI adalah mengancam keselamatan; mendatangkan bahaya (kepada).

Demikian bahaya merupakan berbagai hal yang mampu memberikan dampak buruk, negatif, dan merugikan bagi seseorang. Hal ini bisa berupa kejadian, dampak, ataupun situasi tertentu. Dalam konteks-konteks tertentu bahaya memiliki sinonim yang berbeda-beda dan bisa digunakan sebagai pengganti kata tertentu di antaranya ancaman, bala, bencana, kecelakaan, kerawanan, kesusahan, malapetaka, mara, musibah, naas, petaka, risiko.

B. Jenis Bahaya
1. Bahaya Mekanik (Biomechanical hazards), adalah bahaya yang berasal dan diakibatkan oleh mesin, benda bergerak, atau alat-alat yang bisa mengakibatkan kecelakaan, luka, dan sebagainya.
2. Bahaya Fisik (Physical hazards), adalah bahaya yang berasal dari situasi atau keadaan fisik suatu objek yang mampu memicu terjadinya kecelakaan seperti kebisingan, radiasi, suhu ekstrem (sangat panas atau sangat dingin), pencahayaan, getaran, hingga desakan hawa.
3. Bahaya Kimia (Chemical hazards), adalah bahaya yang berasal dari bahan-bahan dan reaksi kimia, baik yang berbentuk padat, cair, maupun gas.
4. Bahaya Biologi (Biological hazards), adalah bahaya yang berasal dari hewan-hewan atau mikroorganisme tak kasat mata yang berada di sekitaran tempat kerja dan dapat masuk kedalam tubuh tanpa kita ketahui sehingga banyak penanganannya dilakukan setelah pekerja terinfeksi.
5. Bahaya Psikososial  (Psychosocial hazards), adalah bahaya yang berasal dari konflik batin dengan lingkungan yang ada di tempat kerja, baik itu dengan rekan kerja maupun dengan fasilitas yang ada di lingkungan kerja di mana kemudian dapat membuat seseorang mengalami stres hingga efek-efek buruk lainnya dari stres.
6. Bahaya Ergonomi (Ergonomic Hazards), adalah bahaya yang berasal dari adanya ketidaksesuaian desain kerja dengan kapasitas tubuh pekerja sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman di tubuh, pegal-pegal, sakit pada otot, tulang dan sendi, dan sebagainya.
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 2.1 Permasalahan Sosial dalam Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
2. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 2.2 Permasalahan Sosial dalam Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
3. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 2.3 Permasalahan Sosial dalam Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
4. Materi Sosiologi Kelas XI. Bab 2. Permasalahan Sosial (Kurikulum 2013)
5. Materi Ujian Nasional Kompetensi Permasalahan Sosial

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Untuk ilalang yang senang merentang garis-garis fantastik di langit

Post a Comment for "Pengertian Bahaya, Membahayakan, dan Jenisnya"