Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Asimetris, Keseimbangan Asimetris, dan Desain Asimetris

Pengertian Asimetris, Keseimbangan Asimetris, dan Desain Asimetris


Asimetris dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah tidak setangkup; tidak simetris. Asimetris merupakan kebalikan dari simetris, yaitu gambar atau benda yang dibelah dua, namun jika disatukan memiliki sisi yang tidak seimbang atau masih terdapat kelebihan dan kekurangan sehingga tidak proporsional.

Keseimbangan asimetris memiliki arti kebalikan dari keseimbangan simetris. Tanpa perataan secara matematis. Tidak ada pusat yang jelas. Setiap unsur desain yang digunakan, tidak sama jenis, ukuran, warna dan posisinya bila dilipat atau dipantulkan secara imaginer dengan berbagai poros, baik bila dilipat secara horizontal, vertikal maupun secara memusat.

Setiap unsur atau elemen asimetris tampak acak, tidak mengikuti pola atau sistematika apapun, tapi tetap terkesan seimbang. Tetap nampak kompak membentuk sebuah keteraturan. Itu sebabnya asimetris disebut dengan istilah keseimbangan informal, karena bentuk polanya abstrak tidak beraturan. Bahkan juga ada yang menyebutnya dengan keseimbangan kreatif, karena untuk membuatnya dibutuhkan kreativitas yang tinggi.

Desain Asimetris merupakan antithesis atau kebalikan dari desain simetris. Pengertian dari desain asimetris adalah gambaran objek atau karya desain grafis yang memiliki perbedaan bentuk atau ukuran dari sisi yang dibagi menjadi dua bagian. Hal ini terlihat pada kedua sisi yang tidak memiliki ukuran dan bentuk garis yang sama satu dengan lainnya. Bahkan, kedua sisi dari objek itu tidak terlihat seimbang sama sekali. Biasanya sisi miring, titik diagonal hingga garis yang dibentuk tidak sama atau menunjukkan perbedaan yang sangat mencolok.
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 2.1 Permasalahan Sosial dalam Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
2. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 2.2 Permasalahan Sosial dalam Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
3. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 2.3 Permasalahan Sosial dalam Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
4. Materi Sosiologi Kelas XI. Bab 2. Permasalahan Sosial (Kurikulum 2013)
5. Materi Ujian Nasional Kompetensi Permasalahan Sosial

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Untuk ilalang yang senang merentang garis-garis fantastik di langit

Post a Comment for "Pengertian Asimetris, Keseimbangan Asimetris, dan Desain Asimetris"