Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Henry George

Henry George


Henry George lahir 2 September 1839 di Philadelphia, Pennsylvania, AS dan meninggal 29 Oktober 1897 (umur 58) Kota New York, AS. Henry George adalah seorang ekonom dan jurnalis politik Amerika. Tulisannya sangat populer di Amerika abad ke-19, dan memicu beberapa gerakan reformasi di Era Progresif.

Henry George mengilhami filosofi ekonomi yang dikenal sebagai Georgisme yaitu keyakinan bahwa orang harus memiliki nilai yang mereka hasilkan sendiri, tetapi nilai ekonomi yang diperoleh dari tanah (termasuk sumber daya alam ) harus dimiliki secara setara oleh semua anggota masyarakat. Dia berargumen bahwa satu pajak atas tanah akan menciptakan masyarakat yang lebih produktif dan lebih adil.

Karyanya yang paling terkenal Progress and Poverty (1879) terjual jutaan eksemplar di seluruh dunia, mungkin lebih dari buku Amerika lainnya sebelum waktu itu. Risalah tersebut menyelidiki paradoks peningkatan ketimpangan dan kemiskinan di tengah kemajuan ekonomi dan teknologi, siklus bisnis dengan sifat siklik ekonomi industri, dan penggunaan penangkapan sewa seperti pajak nilai tanah dan reformasi anti- monopoli lainnya sebagai solusi untuk ini dan masalah sosial lainnya. Karya lain George membela perdagangan bebas, surat suara rahasia, dan kepemilikan publik atas monopoli alami tertentu.
 

Sumber. https://en.wikipedia.org

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 2.1 Permasalahan Sosial dalam Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
2. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 2.2 Permasalahan Sosial dalam Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
3. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 2.3 Permasalahan Sosial dalam Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
4. Materi Sosiologi Kelas XI. Bab 2. Permasalahan Sosial (Kurikulum 2013)
5. Materi Ujian Nasional Kompetensi Permasalahan Sosial

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Untuk ilalang yang senang merentang garis-garis fantastik di langit

Post a Comment for "Henry George"