Henry George

Biografi dan Karya Henry George
Henry George

Henry George lahir 2 September 1839 di Philadelphia, Pennsylvania, AS dan meninggal 29 Oktober 1897 (umur 58) Kota New York, AS. Henry George adalah seorang ekonom dan jurnalis politik Amerika. Tulisannya sangat populer di Amerika abad ke-19, dan memicu beberapa gerakan reformasi di Era Progresif.

Henry George mengilhami filosofi ekonomi yang dikenal sebagai Georgisme yaitu keyakinan bahwa orang harus memiliki nilai yang mereka hasilkan sendiri, tetapi nilai ekonomi yang diperoleh dari tanah (termasuk sumber daya alam ) harus dimiliki secara setara oleh semua anggota masyarakat. Dia berargumen bahwa satu pajak atas tanah akan menciptakan masyarakat yang lebih produktif dan lebih adil.

Karyanya yang paling terkenal Progress and Poverty (1879) terjual jutaan eksemplar di seluruh dunia, mungkin lebih dari buku Amerika lainnya sebelum waktu itu. Risalah tersebut menyelidiki paradoks peningkatan ketimpangan dan kemiskinan di tengah kemajuan ekonomi dan teknologi, siklus bisnis dengan sifat siklik ekonomi industri, dan penggunaan penangkapan sewa seperti pajak nilai tanah dan reformasi anti- monopoli lainnya sebagai solusi untuk ini dan masalah sosial lainnya. Karya lain George membela perdagangan bebas, surat suara rahasia, dan kepemilikan publik atas monopoli alami tertentu.
 

Sumber. https://en.wikipedia.org

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Henry George"