Pengertian Tabulasi Data dan Macamnya

Pengertian Tabulasi Data dan Macamnya
Tabulasi Data

A. Pengertian Tabulasi
Tabulasi dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah penyusunan menurut lajur yang telah tersedia; penyajian data dalam bentuk tabel atau daftar untuk memudahkan pengamatan dan evaluasi. Dalam proses pengolahan data tabulasi secara umum di artikan sebagai proses penempatan data dalam bentuk tabel dengan cara membuat tabel yang berisikan data sesuai dengan kebutuhan analisis.

Pengolahan data yang berbentuk tabel ini dapat berbentuk tabel distribusi frekuensi maupun dapat berbentuk tabel silang. Tabulasi data merupakan penyajian data yang banyak digunakan karena lebih efisien dan cukup komunikatif. Dengannya, tabel yang dibuat sebaiknya mampu meringkas semua data yang akan dianalisis. Pemisahan tabel akan menyulitkan peneliti dalam proses analisis data.

Yang termasuk ke dalam kegiatan tabulasi di antaranya,
1. Memberikan skor (scoring) terhadap item-item yang perlu diberi skor. Misalnya tes, angket bentuk pilihan ganda, rating scale, dan sebagainya.
2. Memberikan kode terhadap item-item yang diberi skor.
3. Mengubah jenis data, disesuaikan atau dimodifikasikan dengan teknik analisis yang digunakan. Misalnya data interval diubah menjadi data ordinal dengan membuat tingkatan, data ordinal atau data interval diubah menjadi data diskrit.
4. Memberikan kode (coding) dalam hubungan dengan pengolahan data jika akan menggunakan komputer. Dalam hal ini pengolah data memberikan kode pada semua variabel, kemudian mencoba menentukan tempatnya di dalam coding sheet (coding form).

Setelah instrumen diskor, hasilnya ditransfer dalam bentuk yang lebih ringkas dan mudah dilihat. Mencatat skor secara sistematis akan memudahkan pengamatan data dan memperoleh gambaran analisisnya. Dari tabulasi, analisis data dapat dilakukan dengan cara sederhana, yaitu dengan menggunakan prinsip analisis deskripsi, yaitu mencari jumlah skor, nilai rerata, standar penyimpangan, dan variasi penyebarannya. Data dapat pula ditampilkan dalam bentuk grafis untuk melihat gambaran secara komprehensif.

B. Macam Tabulasi
Macam-macam tabulasi data (Hasan:2006) di antaranya,
1. Tabel analisis yaitu tabel yang berisi informasi yang sudah dianalisa.
2. Tabel pemindahan, yang berfungsi sebagai arsip, yaitu tabel yang digunakan sebagai tempat untuk memindahkan kode dari pencatatan pengamatan atau kuesioner. Tabel ini berfungsi sebagai arsip.
3. Tabel biasa yaitu tabel yang disusun berdasarkan tujuan tertentu dan sifat responden tertentu.
 

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pengertian Tabulasi Data dan Macamnya"