Pengertian Skala Semantic Defferential dan Contohnya

Pengertian Skala Semantic Defferential dan Contohnya
Skala Semantic Defferential
A. Pengertian Skala Semantic Defferential
Skala Semantic Defferensial dikembangkan oleh Osgood. Skala ini juga digunakan untuk mengukur sikap, namun bentuknya tidak pilihan ganda maupun checklist, tetapi tersusun dalam satu garis kontinum di mana jawaban "sangat positifnya" terletak di bagian kanan garis, dan jawaban yang "sangat negatif" terletak di bagian kiri garis, atau sebaliknya.

Dengan kata lain, skala diferensial semantik berisikan serangkaian karakteristik bipolar (dua kutub) seperti panas-dingin, tidak ramah-Ramah, dan sebagainya, yang tersusun pada satu garis kontinum di mana jawaban yang sangat positif berada diposisi paling kanan dan jawaban yang sangat negatif pada posisi paling kiri, atau sebaliknya.

Data yang diperoleh adalah data interval, dan biasanya skala ini digunakan untuk mengukur sikap/karakteristik tertentu yang dipunyai oleh seseorang. Skala ini berbeda dengan skala likert yang menggunakan cecklist atau pilihan ganda, pada skala ini responden langsung diberi pilihan bobot hal yang dimaksud dari yang positif sampai negatif.

Responden bisa memberikan jawaban dengan mencentang atau memberi tingkatan jawaban. Jawaban responden terletak pada rentang jawaban positif sampai dengan negatif. Hal ini tergantung pada persepsi responden kepada yang dinilai. Gambar di bawah ini adalah contoh instrumen yang menggunakan skala Semantic Defferensial.

B. Contoh Skala Semantic Defferential
Contoh penggunaan skala diferensial semantik mengenai gaya kepemimpinan Ketua OSIS suatu sekolah
1. Cerdas         7     6     5     4     3     2     1          Bodoh
2. Demokrasi      7     6     5     4     3     2     1          Otoriter
3. Tidak Ramah    7     6     5     4     3     2     1          Ramah
4. dan pertanyaan-pertanyaan lainnya….

Pada contoh di atas, responden memberikan tanda (x) pada nilai yang sesuai dengan persepsinya. Skala Diferensial Semantik digunakan untuk memberikan penilaian terhadap suatu konsep atau objek tertentu, misalnya kinerja pegawai, gaya kepemimpinan, penilaian suatu pelajaran dan sebagainya.

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pengertian Skala Semantic Defferential dan Contohnya"