Pengertian Skala Guttman, Langkah, dan Contohnya

Pengertian Skala Guttman
Skala Guttman

A. Pengertian Skala Guttman
Skala Guttman sangat baik untuk meyakinkan peneliti tentang kesatuan dimensi dari sikap atau sifat yang diteliti, yang sering disebut isi universal (universe of content) atau atribut universal (universe attribute). Skala ini dikembangkan oleh Louis Guttman.

Skala ini memiliki ciri penting, yaitu merupakan skala kumulatif dan skala ini digunakan untuk mengukur satu dimensi saja dari satu variabel yang multi dimensi, sehingga skala ini termasuk mempunyai sifat undimensional.

Data yang diperoleh dapat berupa data interval atau rasio dikhotomi (dua alternatif). Jadi kalau pada skala Likert terdapat 3,4,5,6,7 interval, dari kata "sangat setuju" sampai "sangat tidak setuju", maka pada skala Guttman hanya ada dua interval yaitu "setuju" dan "tidak setuju".

Demikin, penelitian menggunakan skala Guttman dilakukan bila ingin mendapatkan jawaban yang tegas terhadap suatu permasalahan yang ditanyakan. Skala pengukuran dengan tipe ini akan didapat jawaban yang tegas, yaitu "ya atau tidak", "benar atau salah", "pernah atau tidak pernah", "positif atau negatif", "Setuju atau tidak setuju", dan lain-lain.

Skala Guttman selain dapat dibuat dalam bentuk pilihan ganda, juga dapat dibuat dalam bentuk checklist. Jawaban dapat dibuat skor tertinggi satu dan terendah nol. Misal untuk jawaban setuju diberi skor 1 dan tidak setuju diberi skor 0.

Skala ini juga disebut dengan metode Scalogram atau analisa skala (scale analysis). Untuk menilai undimensionalnya suatu variable pada skala ini, diadakan analisis skalogram untuk mendapatkan koefisien reproduksibilitas (Kr), dan koefisien skalabilitas (Ks), dimana jika nilai Kr = ≥ 0,90 dan Ks = ≥ 0,60 skala dianggap bagus (layak).

B. Langkah Skala Guttman
Langkah-langkah untuk membuat skala Guttman di antaranya,
1. Susunlah sejumlah pernyataan yang relevan dengan masalah yang ingin diselidiki
2. Lakukan penelitian permulaan pada sejumlah sampel dari populasi yang akan diselidiki, sampel yang diselidiki minimal besarnya 50 sampel
3. Jawaban yang diperoleh dianalisis, dan jawaban yang ekstrem dibuang. Jawaban yang ekstrem adalah jawaban yang disetujui atau tidak disetujui oleh lebih dari 80% responden
4. Susunlah jawaban pada table Guttman
5. Hitunglah koefisien reprodusibilitas dan koefisien skalabilitas

C. Contoh Skala Guttman
a. Yakin atau tidakkah Anda, pergantian Menteri Kabinet Indonesia Bersatu akan dapat mengatasi persoalan bangsa.
1. Yakin
2. Tidak

b. Pernahkah pimpinan saudara mengajak diskusi bersama?
1. Setuju
2. Tidak Setuju
 

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pengertian Skala Guttman, Langkah, dan Contohnya"