Pengertian Konsisten dan Cirinya

Pengertian Konsisten dan Cirinya
Konsisten

A. Pengertian Konsisten
Istilah konsisten dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah tetap (tidak berubah-ubah); taat asas; ajek; selaras; sesuai. Kata konsisten berasal dari kata dalam bahasa Inggris, yaitu consistent yang artinya berdiri dengan kokoh atau berdiri tegak. Demikian, konsisten artinya sesuatu yang tidak berubah-ubah, selalu berperilaku atau terjadi dalam cara yang sama, terutama hal yang positif.

Sesuatu yang konsisten dapat ditandai dengan adanya keteraturan, harmoni, kontinuitas tetap, dan bebas dari kontradiksi atau variasi. Banyak orang mengartikan konsisten adalah melakukan terus menerus dan tidak berubah-ubah. Atau juga bisa diartikan komit, teguh pendirian. Orang yang bisa menjaga konsistensi tidak akan mudah menyerah karena ia yakin bahwa konsistensi adalah salah satu kunci keberhasilan/atau kesuksesan.

Pengertian Konsisten Menurut Para Ahli
1. Reza M Syarif (2005), konsisten adalah fokus pada suatu bidang yang mana kita tidak akan berpindah menuju bidang lain sebelum pondasi bidang pertama benar-benar kuat.
2. Cambrige Dictionary, konsisten adalah sesuatu yang tidak berubah, atau selalu berbuat atau terjadi secara sama, utamanya dalam hal positif. Konsisten juga didefinisikan sebagai sebuah kesepakatan, atau mempunyai kesamaan dengan hal lain, atau bisa juga diartikan mempunyai prinsip yang sama dengan lainnya.

B. Ciri Konsisten
Memiliki sikap yang konsisten merupakan tanda bahwa seseorang dapat dipercaya, kompeten, dan mahir dalam melakukan sesuatu yang berhubungan dengan bidangnya. Berikut beberapa ciri seseorang yang konsisten di antaranya,
1. Tidak mudah mengubah keputusan, seseorang yang konsisten tidak akan mudah mengubah keputusan yang telah dibuatnya. Apalagi bila orang lain berusaha mengubah keputusan tersebut.
2. Bekerja dengan hati-hati, orang yang konsisten umumnya berhati-hati dan berkomitmen dalam melakukan keputusannya. Meskipun sering dianggap lambat berkembang, mereka tetap melakukan keputusannya secara terus-menerus dan tidak berubah.
3. Pantang berhenti, konsistensi seseorang terlihat ketika ia menghadapi masalah. Mereka akan tetap melakukan keputusannya meskipun banyak tantangan dalam pelaksanaannya.
4. Memiliki pendirian teguh, orang lain akan sulit untuk mengubah pendirian seseorang yang dikenal konsisten dengan keputusannya. Hal tersebut karena pengambilan keputusan yang dilakukannya telah melalui berbagai pertimbangan.
5. Tidak mengingkari ucapan, ini merupakan ciri umum orang yang konsisten. Bagi mereka, integritas merupakan sesuatu yang sangat berharga sehingga apa yang mereka ucapkan akan sesuai dengan apa yang lakukan.
6. Dapat diandalkan dalam berbagai situasi, mereka punya integritas dan dapat dipercaya sehingga dapat diandalkan oleh orang-orang di sekitarnya.
 

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pengertian Konsisten dan Cirinya"