Pengertian Integritas, Ciri, Manfaat, dan Contohnya

Pengertian Integritas
Integritas

A. Pengertian Integritas
Pengertian integritas dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah mutu, sifat, atau keadaan yang menunjukkan kesatuan yang utuh sehingga memiliki potensi dan kemampuan yang memancarkan kewibawaan; kejujuran. Kata integritas merupakan sebuah kata serapan dari bahasa Latin integer yang berarti teguh mempertahankan prinsip.

Integritas juga dapat diartikan konsistensi dan keteguhan yang tak tergoyahkan dalam menjunjung tinggi nilai-nilai luhur dan keyakinan. Integritas menunjuk konsistensi antara tindakan dengan  nilai dan prinsip. Seorang dikatakan “mempunyai integritas” apabila tindakannya sesuai dengan nilai, keyakinan, dan prinsip yang dipegangnya, dan mereka yang memiliki integritas pribadi akan tampil penuh percaya diri, anggun, tidak mudah terpengaruh oleh hal-hal yang sifatnya hanya untuk kesenangan sesaat.

Pengertian Integritas Menurut Para Ahli
1. Henny Cloud, integritas merupakan sesuatu yang berkaitan dengan keaktifan dan keutuhan seseorang sebagai gelar manusia. Ia harus mampu menjalankan fungsi dengan benar sesuai yang sudah dirancang sebelumnya.
2. Andrias Harefa, integritas merupakan kunci dari sebuah kehidupan, dapat diamati secara langsung. Implementasi seseorang yang mempunyai integritas adalah jujur, berkomitmen dan melakukan sesuatu dengan konsisten.
3. Stephen R. Covey, memberikan pembeda antara integritas dan kejujuran, yang mana kejujuran adalah menyampaikan kebenaran sesuai dengan kenyataannya. Sedangkan integritas adalah pembuktian tindakan sesuai dengan ucapan yang sudah dilontarkan. Seseorang dengan integritas tinggi akan menjunjung kejujuran, keaslian dirinya, tanggung jawab dan dedikasi.
4. Jacobs, integritas yakni penekanan konsistensi pribadi, moral dan kejujuran.
5. Ippho Santoso, integritas adalah menyatunya perkataan, perbuatan dan pikiran untuk mendapatkan sebuah reputasi dan kepercayaan. Dilakukan secara utuh dan sepenuh-penuhnya.
6. Butler dan Cantrell, integritas adalah sebuah reputasi seseorang yang bisa dipercaya dalam konteks sebuah organisasi, lembaga atau instansi.

B. Ciri Sikap Integritas
1. Orang yang tidak memakai kedok
2. Orang yang bertindak sesuai dengan ucapan
3. Sama di depan dan di belakang
4. Konsisten antara apa yang diimani dan kelakuannya
5. Konsisten antara nilai hidup yang dianut dan hidup yang dijalankan

C. Manfaat Memiliki Integritas
1. Secara fisik kita akan merasa sehat dan bugar
2. Secara intelektual otak kita terlatih berpikir secara ilmiah
3. Secara emosional kita menjadi manusia yang termotivasi, mampu menyesuaikan diri terhadap situasi apa pun
4. Secara spiritual kita mampu memaknai berbagai pengalaman kita, mampu melihat berbagai fenomena kehidupan dalam perspektif yang lebih dalam, utuh dan menyeluruh
5. Secara sosial kita semakin mampu membangun hubungan kemanusiaan

D. Contoh Integritas
1. Integritas dalam Diri
a. Selalu datang tepat waktu, tidak terlambat dan membiasakan diri sebagai cerminan orang yang konsisten, komitmen dan menghargai waktu yang dimiliki oleh diri sendiri dan orang lain.
b. Menyampaikan dengan jelas komitmen yang tidak bisa dilakukan, integritas memang berkaitan dengan kejujuran dan kesanggupan mengerjakan sesuatu hal. Jika memang tidak bisa maka harus disampaikan di awal agar orang di sekitar tidak merasa kecewa.

2. Integritas di Tempat Kerja
a. Mengerjakan sesuatu dengan sepenuh hati, menuntut kesempurnaan dan tidak setengah-setengah.
b. Setia kepada perusahaan dan berjanji untuk melaksanakan segala aturan yang dibuat oleh pemimpin.
c. Bertindak secara adil dan jujur dalam setiap kesempatan.

3. Integritas di Ranah Negara
a. Melaksanakan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari seperti contoh toleransi, adil dan bersatu.
b. Menghormati semua agama, kelompok atau golongan yang ada di Indonesia.
c. Setia pada pemerintah dengan mencoba menjadi rakyat yang baik, menyampaikan aspirasi dengan benar dan tidak membuat kejahatan.
 

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pengertian Integritas, Ciri, Manfaat, dan Contohnya"