Pengertian Grafik atau Diagram Lingkaran, Sejarah, Cara Pembuatan, Bentuk, dan Contohnya

A. Pengertian Grafik atau Diagram Lingkaran
Grafik atau diagram lingkaran (diagram pai) adalah jenis grafik yang menggambarkan beberapa data dalam bentuk lingkaran. Grafik atau diagram lingkaran ini adalah sebuah grafik statistik berbentuk lingkaran yang dibagi menjadi irisan-irisan untuk menggambarkan proporsi numerik. Dalam sebuah grafik lingkaran, panjang busur setiap irisan (dan alhasil, sudut pusat dan luasnya), proporsional dengan kuantitas yang diwakilinya.

B. Sejarah Grafik atau Diagram Lingkaran
Diagram lingkaran terawal yang diketahui umumnya dipercayai terdapat pada Statistical Breviary karya William Playfair tahun 1801, di mana dua diagram seperti itu digunakan. Playfair menyajikan sebuah ilustrasi, yang berisi serangkaian diagram lingkaran. Salah satu diagram-diagram ini menggambarkan proporsi Kesultanan Turki yang terletak di Asia, Eropa, dan Afrika sebelum 1789. Penemuan ini tidak banyak digunakan pada awalnya.

Insinyur Prancis Charles Joseph Minard adalah salah satu yang pertama menggunakan diagram lingkaran pada tahun 1858, khususnya dalam peta. Peta Minard tahun 1858 menggunakan diagram lingkaran untuk menggambarkan ternak yang dikirim dari seluruh Prancis untuk konsumsi di Paris (1858).

C. Cara Pembuatan Grafik atau Diagram Lingkaran
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan grafik lingkaran di antaranya,
1. Tentukan hasil persentase nilai dari suatu data. Cara menentukan prosentase nilai suatu kelompok data yaitu jumlah suatu kelompok data di bagi jumlah keseluruhan data di kali 100%.
2. Tentukan besar kecilnya sudut masing-masing kelompok data. Cara menentukan besar kecilnya sudut yaitu hasil prosentase suatu kelompok data dibagi 360.
3. Tentukan warna untuk masing-masing kelompok data. Setiap kelompok data memiliki warna yang berbeda-beda. Pemberian warna pada masing-masing kelompok data berguna untuk membedakan antara kelompok data satu dengan kelompok data lainnya, serta memperjelas perbandingan antara kelompok data satu dengan kelompok data lainnya.

D. Bentuk Grafik atau Diagram Lingkaran
Tergantung  dengan jumlah data & masing-masing data yang menjadi pembahasannya. Pada diagram lingkaran memiliki 3 bentuk diagram yang biasa digunakan di antaranya,
1. Diagram Lingkaran Biasa (dalam bentuk angka)

Diagram Lingkaran Biasa dalam bentuk angka
Diagram Lingkaran Biasa (dalam bentuk angka)
 
2. Diagram Lingkaran Derajat (dalam bentuk °)
Diagram Lingkaran Derajat dalam bentuk °
Diagram Lingkaran Derajat (dalam bentuk °)
 
3. Diagram Lingkaran Persen (dalam bentuk %)
Diagram Lingkaran Persen dalam bentuk %
Diagram Lingkaran Persen (dalam bentuk %)

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pengertian Grafik atau Diagram Lingkaran, Sejarah, Cara Pembuatan, Bentuk, dan Contohnya"