Pengertian Grafik atau Diagram Batang, Tujuan, Cara, Bentuk, Jenis, dan Contohnya

A. Pengertian Grafik atau Diagram Batang
Grafik batang atau diagram batang (balok) adalah jenis grafik yang menggambarkan beberapa data dalam bentuk batang. Grafik batang atau histogram merupakan jenis grafik yang paling sederhana dan sangat mudah untuk dipahami. Grafik batang digunakan untuk memperlihatkan perbedaan dengan jelas mengenai tingkat nilai dari beberapa aspek pada sebuah data.

Panjang batang pada grafik batang menggambarkan prosentase atau banyaknya data, sedangkan lebar batang berukuran sama semuanya. Pada umumnya data yang digunakan untuk perbandingan yaitu tidak banyak, maksimal 8 data. Pada grafik batang, jika data yang digunakan lebih dari satu maka untuk memperjelas data yang satu dengan data yang lain yaitu dengan memberi warna yang berbeda-beda pada tiap batang.

B. Tujuan Pembuatan Grafik atau Diagram Batang
Tujuan pembuatan menggunakan grafik ini adalah guna memudahkan pembaca untuk melihat data dengan cara yang lebih sederhana. Selain itu, biasanya digunakan untuk menggambarkan kinerja objek penelitian selama interval waktu tertentu.

C. Cara Membuat grafik atau Diagram Batang
1. Siapkan data dalam bentuk tabel distribusi frekuensi untuk mempermudah Anda dalam pembuatan grafik.
2. Buatlah garis horizontal untuk menempatkan kategori dan garis vertikal untuk menempatkan nilai frekuensi. Pastikan semua jarak setiap kategori sama agar mudah dalam pembacaan grafik.
3. Tandai puncak frekuensi masing-masing kategori sesuai data yang dimiliki.
4. Gambar grafik batang masing-masing kategori dengan batasan-batasan yang sudah ditandai sebelumnya.

D. Bentuk Grafik atau Diagram Batang
1. Memiliki satu komponen bahkan lebih
2. Memiliki dua arah dalam penampilannya
3. Tampilan dengan tiga dimensi
4. dan lainnya berdasarkan variasi atau tergantung pada pemakainya.

E. Jenis Grafik atau Diagram Batang
1. Grafik Batang Vertikal, yaitu grafik yang menampilkan satu hasil kegiatan pengumpulan data secara vertikal. Nama kategori pada grafik jenis ini ditulis pada sumbu horizontal. Sedangkan frekuensi datanya digambarkan secara vertikal.

Grafik Batang Vertikal
Grafik Batang Vertikal

2. Grafik Batang Horizontal, yaitu grafik yang menampilkan satu hasil kegiatan pengumpulan data secara horizontal. Pada grafik ini nama kategorinya dicantumkan pada sumbu vertikal. Sedangkan frekuensi datanya digambarkan secara horizontal.

Grafik Batang Horizontal
Grafik Batang Horizontal
 
3. Grafik Batang Majemuk, yaitu grafik yang menyajikan lebih dari satu kegiatan pengumpulan data. Sehingga setiap kelas memiliki lebih dari satu grafik batang. Pada grafik ini, ada 2 jenis data yang dimasukkan dalam satu kategori. Digambarkan secara bersebelahan dan berbeda warna agar mudah untuk membandingkannya.
Grafik Batang Majemuk
Grafik Batang Majemuk
 
4. Grafik Batang Bertingkat, yaitu grafik yang menampilkan beberapa kegiatan dalam satu batang pada setiap kelasnya. Pada grafik ini terdapat 2 jenis data yang digambarkan dalam satu batang. Sehingga satu batang memuat 2 jenis data.
Grafik Batang Bertingkat
Grafik Batang Bertingkat

Dari Berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pengertian Grafik atau Diagram Batang, Tujuan, Cara, Bentuk, Jenis, dan Contohnya"