Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Data Internal dan Data Eksternal

Pengertian Data Internal dan Data Eksternal
Data Internal dan Data Eksternal

Berdasarkan sumbernya jenis data dibedakan menjadi dua yaitu data internal dan data eksternal.
A. Data Internal
Data Internal merupakan data yang didapatkan dari internal suatu organisasi yang menggambarkan keadaan organisasi tersebut. Data ini diperoleh langsung dari suatu organisasi atau tempat dilakukannya penelitian.

Data internal tersebut misalnya adalah informasi jumlah pegawai, jumlah modal, jumlah produksi, data penjualan, data stok gudang, data pegawai, dan sebagainya. Termasuk juga misalnya kebutuhan tenaga kerja di suatu perusahaan, Jumlah karyawan di perusahaan, dan tingkat kepuasan karyawan di suatu institusi.

B. Data Eksternal
Sementara data eksternal merupakan data yang diperoleh dari luar organisasi yang menggambarkan berbagai faktor yang dapat mempengaruhi kinerja organisasi tersebut. Misalnya informasi tentang daya beli masyarakat, perubahan kebiasaan masyarakat, dan lain sebagainya.

Data eksternal juga bisa diartikan sebagai data yang diperoleh dari luar organisasi atau tempat dilakukannya penelitian. Data eksternal ini biasanya digunakan sebagai pembanding antara organisasi lain dengan organisasi yang bersangkutan.

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani من لم يذق مر التعلم ساعة, تجرع ذل الجهل طول حياته | “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pengertian Data Internal dan Data Eksternal"