Pengertian Akurasi, Presisi, dan Perbedaannya

A. Pengertian Akurasi
Akurasi dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah kecermatan; ketelitian; ketepatan. Akurasi menunjukkan kedekatan hasil pengukuran dengan nilai sesungguhnya. Dalam bidang ilmu pengetahuan, industri rekayasa, dan statistik, akurasi dari suatu sistem pengukuran adalah tingkat kedekatan pengukuran kuantitas terhadap nilai yang sebenarnya.

Dengan akurasi, memaksudkan derajat pemenuhan terhadap pengukuran standar, yaitu yang mana menjangkau pengukuran aktual mendekati ukuran standar, yaitu tepat sasaran. Akurasi mengukur ketepatan dan kemiripan hasil pada waktu yang sama dengan membandingkannya terhadap nilai absolut. Maka, semakin mendekati ukurannya, semakin tinggi level akurasi.

B. Pengertian Presisi
Presisi dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah ketepatan; ketelitian. Presisi menunjukkan seberapa dekat perbedaan nilai pada saat dilakukan pengulangan pengukuran. Kepresisian dari suatu sistem pengukuran, disebut juga reproduktivitas (bahasa Inggris: reproducibility) atau pengulangan (bahasa Inggris: repeatability), adalah sejauh mana pengulangan pengukuran dalam kondisi yang tidak berubah mendapatkan hasil yang sama.

Demikian, presisi menggambarkan keseragaman dan pengulangan pada pengukuran. Presisi merupakan derajat keunggulan, pada performa dari suatu operasi atau teknik yang digunakan untuk mendapatkan hasil. Presisi mengukur tingkat yang mana hasilnya mendekati satu sama lain, yaitu ketika pengukuran berkerumun bersama-sama.

Oleh karena itu, semakin tinggi level presisi semakin kecil variasi antar pengukuran. Contohnya presisi adalah ketika satu titik yang sama ditembak, lagi dan lagi, yang mana titik yang tepat bukan hal yang penting

C. Akurasi dan Presisi
Sebuah sistem pengukuran dapat akurat dan tepat, atau akurat tetapi tidak tepat, atau tepat tetapi tidak akurat atau tidak tepat dan tidak akurat. Sementara akurasi adalah keadaan benar, presisi adalah keadaan pasti.  

Akurasi tinggi tetapi presisi rendah
Akurasi tinggi, tetapi presisi rendah
 
Presisi tinggi tetapi akurasi rendah
Presisi tinggi tetapi akurasi rendah

Ilustrasi tersebut digunakan untuk menjelaskan perbedaan antara akurasi dan presisi. Dalam ilustrasi ini, pengukuran berulang diibaratkan dengan anak panah yang menembak target beberapa kali. Akurasi menggambarkan kedekatan panah-panah dengan pusat sasaran. Panah yang menancap lebih dekat dengan pusat sasaran dianggap lebih akurat. Semakin dekat sistem pengukuran terhadap nilai yang diterima, sistem dianggap lebih akurat (Sumber. https://id.wikipedia.org).

Jika sejumlah besar anak panah ditembakkan, presisi adalah ukuran kedekatan dari masing-masing anak panah dalam kumpulan tersebut. Semakin menyempit kumpulan anak panah tersebut, sistem dianggap semakin presisi.

D. Perbedaan Akurasi dan Presisi
1. Level kecocokan antara pengukuran aktual dan pengukuran absolut disebut akurasi. Tingkat keberagaman yang terletak pada nilai beberapa pengukuran dari faktor yang sama disebut presisi.
2. Akurasi menggambarkan kedekatan dari pengukuran dengan pengukuran aktual. Di sisi lain, presisi menunjukkan kedekatan dari masing-masing pengukuran dengan yang lain.
3. Akurasi adalah derajat kesesuaian, yaitu tingkat yang mana pengukuran adalah tepat ketika dibandingkan dengan nilai absolut. Sementara, presisi adalah derajat reprodusibilitas, yang mana menjelaskan konsistensi dari pengukuran.
4. Akurasi berdasar pada faktor tunggal, sedangkan presisi berdasarkan pada lebih dari satu faktor.
5. Akurasi adalah pengukuran perkiraan statikal sementara presisi adalah pengukuran keberagaman statistikal.
6. Akurasi berfokus pada kesalahan sistematik, yakni kesalahan yang diakibatkan oleh masalah pada peralatan. Sebaliknya, presisi terkait dengan kesalahan acak, yang mana terjadi secara periodik tanpa pola yang dikenali.

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pengertian Akurasi, Presisi, dan Perbedaannya"