Pengertian Relevan dan Relevansi

Pengertian Relevan dan Relevansi
Relevan dan Relevansi

Relevan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah kait-mengait; bersangkut-paut; berguna secara langsung. Sementara relevansi adalah hubungan; kaitan. Relevansi merupakan pengembangan dari kata relevan. Relevansi adalah sesuatu yang mempunyai kecocokan atau saling berhubungan.

Relevan adalah saduran dari kata bahasa Inggris relevant. Relevan adalah mempunyai kaitan dan berhubungan erat dengan pokok masalah yang sedang dihadapi. Selain itu, relevansi juga memiliki pengertian hal-hal yang berkaitan pada situasi atau kejadian saat ini.

Definisi lain dari relevan adalah adanya hubungan langsung dengan persoalan yang dihadapi, serta keuntungan timbal balik antara keduanya. Intinya relevan memiliki arti “kecocokan” yang bersangkut paut dan berguna secara langsung.

Pengertian Relevan dan Relevansi Menurut Para Ahli
1. Ainon Mohm (2005), relevan adalah mempunyai kaitan dan hubungan erat dengan pokok masalah yang sedang dihadapi. Relevan merupakan hal-hal yang sejenis (sama) yang saling berkaitan dengan subjek dalam konteks yang tepat atau terhubung dan terkait dengan situasi saat ini.
2. Suharto dan Tata Iryanto, relevansi  adalah kesesuaian sesuatu yang diinginkan.
3. Poerwadarminta, relevansi adalah kesesuaian keberadaan sesuatu pada tempatnya atau yang diinginkan. Maka dalam hal ini relevansi dimaksudkan adalah kesesuaian gaya kepemimpinan yang diinginkan oleh karyawan Perusahaan.
4. Cambridge dan Merriam-Webster, relevan adalah:
a. Terkait dengan apa yang sedang terjadi atau sedang dibahas
b. Benar atau cocok untuk tujuan tertentu
c. Memiliki pengaruh yang signifikan dan dapat dibuktikan tentang masalah yang dihadapi
d. Memberikan bukti yang cenderung membuktikan atau menyangkal masalah yang dipermasalahkan atau sedang dibahas
 

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pengertian Relevan dan Relevansi"