Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Proses dan Manajemen Proses

Pengertian Proses dan Manajemen Proses
Manajemen Proses
A. Pengertian Proses
Proses dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah 1) runtunan perubahan (peristiwa) dalam perkembangan sesuatu; 2) rangkaian tindakan, pembuatan, atau pengolahan yang menghasilkan produk. Dalam ilmu teknik, proses adalah urutan pelaksanaan atau kejadian yang saling terkait yang bersama-sama mengubah masukan menjadi keluaran. Pelaksanaan ini dapat dilakukan oleh manusia, alam, atau mesin dengan menggunakan berbagai sumber daya.

Proses merupakan peristiwa yang terjadi secara alami atau didesain, menggunakan waktu, ruang, keahlian atau sumber daya lainnya, yang menghasilkan hasil. Sebuah proses dapat diidentifikasi dengan perubahan yang dibuat terhadap sifat dari satu atau lebih objek di bawah pengaruhnya. Definisi lain dari proses ini adalah serangkaian kegiatan yang saling terkait atau berinteraksi, yang mengubah input menjadi output dari kegiatan ini memerlukan alokasi sumber daya seperti manusia dan material.

Proses juga dapat diartikan sebagai serangkaian langkah sistematis, atau tahapan yang jelas dan dapat dilakukan berulang kali, untuk mencapai hasil yang diinginkan.  Jika diadopsi, setiap tahap secara konsisten mengarah pada hasil yang diinginkan.

B. Manajemen Proses
Manajemen proses adalah bagian terpenting dari upaya pengembangan dan peningkatan proses. Jadi Manajemen proses adalah suatu cara atau tindakan dalam membagi, mengalokasikan program yang akan dieksekusi menjadi tidak berantakan dan berjalan dengan baik sebagai mana mestinya. Dalam fungsinya untuk mengembangkan dan meningkatkan derajat efisiensi dan efektivitas, manajemen proses juga merupakan salah satu perangkat kerja yang sangat potensial dalam upaya peningkatan nilai-nilai kepuasan konsumen.

Pada akhirnya, hal tersebut juga akan dapat meningkatkan keuntungan, pertumbuhan bisnis dan keberlangsungan daur hidup bisnis korporasi/perusahaan itu sendiri. Banyak organisasi kerja yang termotivasi untuk mengelola berbagai aktivitas fungsi organisasi kerjanya dengan menggunakan pendekatan manajemen proses yang terdiri dari lima dimensi utama. Fokus kelima dimensi manajemen proses tersebut berada pada fungsi-fungsi kualitas, efisiensi, respons terhadap waktu, aktivitas kerja dan biaya proses.

Untuk mendapatkan profitabilitas bisnis korporasi/ perusahaan yang maksimal, organisasi kerja harus berpikir untuk menekan tingkat biaya proses, mengurangi tingkat kegagalan produk/proses, dan secara bersinergi berupaya mengembangkan dan meningkatkan kualitas produk/proses. Oleh karena itu manajemen proses adalah satu perangkat kerja strategi yang dapat dimanfaatkan untuk kepentingan tersebut.

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani من لم يذق مر التعلم ساعة, تجرع ذل الجهل طول حياته | “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pengertian Proses dan Manajemen Proses"