Pengertian Penelitian Terdahulu dan Manfaatnya

Pengertian Penelitian Terdahulu dan Manfaatnya
Penelitian Terdahulu
A. Pengertian Penelitian Terdahulu
Penelitian terdahulu adalah sumber lampau dari hasil penelitian yang nantinya diusahakan oleh peneliti untuk membandingkan penelitian yang akan dilaksanakan. Penelitian terdahulu merupakan salah satu referensi dasar ketika melaksanakan sebuah penelitian. Karena penelitian terdahulu memiliki fungsi untuk memperluas dan memperdalam teori yang akan dipakai dalam kajian penelitian yang akan dilakukan.

Penelitian terdahulu juga bisa berfungsi sebagai sumber inspirasi yang nantinya membantu pelaksanaan penelitian. Selain itu peneliti juga bisa memeriksa apa yang kurang dan kelebihan untuk dikembangkan. Penelitian terdahulu dicantumkan di dalam penelitian sebagai bentuk perbandingan penelitian yang dilakukan dengan penelitian yang telah ada sebelumnya. Ini dapat digunakan apabila judul-judul penelitian yang telah dilakukan sebelumnya bersinggungan dengan judul penelitian yang dipilih.

Penelitian terdahulu biasanya diletakkan bagian Landasan Teori. Hal ini erat kaitannya dengan penelitian lain yang dapat digunakan di dalam penelitian kita yang dapat membantu membentuk dasar pijakan penelitian kita. Pencantuman atas penelitian terdahulu ini menjadi krusial dilakukan, pasalnya dengan adanya penelitian yang lebih dulu bukan hanya sebagai landasan teori tetapi bisa menjadi hipotesis penelitian yang membuat sebuah riset menjadi penting untuk dilakukan.

B. Manfaat Penelitian Terdahulu
Penelitian terdahulu akan memudahkan kita dalam menentukan langkah-langkah yang sistematis untuk penyusunan penelitian dari segi teori dan konsep. Penelitian terdahulu dapat digunakan sebagai acuan atau referensi untuk memudahkan kita membuat penelitian secara keseluruhan. Manfaat digunakannya penelitian terdahulu dalam penelitian di antaranya,
1. Mengetahui bangunan keilmuan terkait permasalahan yang diteliti, yang telah dibuat oleh orang lain atau peneliti lainnya.
2. Menggambarkan secara jelas perbedaan penelitian yang akan Anda lakukan dengan penelitian lain yang telah ada sebelumnya, ini memiliki kemiripan sehingga terhindar dari plagiarism atau penjiplakan.
3. Memperkuat atau mendukung kekuatan penelitian Anda dengan adanya referensi ilmiah lain yang memiliki relevansi dengan penelitian Anda.

Dari Berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pengertian Penelitian Terdahulu dan Manfaatnya"