Pengertian Penelitian Terapan (applied research), Ciri, Tipe, Kelebihan dan Kekurangannya

Pengertian Penelitian Terapan atau applied research
Penelitian Terapan atau applied research
A. Pengertian Penelitian Terapan (Applied Research)
Penelitian terapan merupakan salah satu jenis penelitian yang bertujuan untuk memberikan solusi atas permasalahan tertentu secara praktis. Penelitian ini tidak berfokus pada pengembangan sebuah ide, teori, atau gagasan, tetapi lebih berfokus kepada penerapan penelitian tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Ciri utama dari penelitian ini adalah tingkat abstraksi yang rendah, dan manfaat atau dampaknya dapat dirasakan secara langsung.

Penelitian terapan adalah metodologi yang digunakan untuk memecahkan masalah praktis dunia modern, baik masalah praktis dari individu atau kelompok. Atau dengan kata lain penelitian terapan merupakan dirancang untuk menjawab pertanyaan spesifik yang bertujuan memecahkan masalah praktis bukan untuk memperoleh pengetahuan demi pengetahuan.

Tujuan dari penelitian terapan adalah untuk meningkatkan kondisi manusia. Ini berfokus pada analisis dan memecahkan masalah sosial dan kehidupan nyata. Penelitian ini umumnya dilakukan dalam skala besar dan mahal. Karena itu, sering dilakukan dengan dukungan dari beberapa lembaga keuangan seperti pemerintah nasional, perusahaan publik, bank dunia, UNICEF, UGC, dan lain-lain.

Penelitian terapan misalnya penelitian untuk meningkatkan produksi tanaman pertanian, mengobati atau menyembuhkan penyakit tertentu, meningkatkan efisiensi energi rumah, kantor, bagaimana komunikasi di antara pekerja di perusahaan besar dapat ditingkatkan. Jenis penelitian ini juga bisa disebut Penelitian Tindakan.

Pengetahuan baru yang diperoleh dari penelitian terapan memiliki tujuan komersial spesifik dalam bentuk produk, prosedur, atau layanan. Studi dan penelitian ini biasanya digunakan dalam bisnis, kedokteran dan pendidikan untuk menemukan solusi yang dapat menyembuhkan penyakit, memecahkan masalah ilmiah atau mengembangkan teknologi.

Pengertian Penelitian Terapan (Applied Research) Menurut Para Ahli
1. Jujun S. Sumantri (1985), penelitian terapan ialah penelitian yang bertujuan untuk memecahkan masalah-masalah praktis.
2. Nazir (1988), penelitian terapan dapat didefinisikan sebagai penyelidikan yang hati-hati, sistematik, dan terusmenerus terhadap suatu masalah dengan tujuan untuk digunakan dengan segera untuk keperluan tertentu.
3. Zoila Rosa Vargas Cordero (2008), penelitian terapan adalah cara untuk mengetahui realitas dengan bukti ilmiah.
4. Ezequiel Ander-Egg Hernández, penelitian terapan merupakan solusi yang efisien dan beralasan untuk masalah yang telah diidentifikasi.
5. Hunt, penelitian terapan ialah penyelidikan yang dilakukan dengan cara menggunakan pengetahuan ilmiah untuk menyelesaikan masalah.

B. Ciri Penelitian Terapan (Applied Research)
1. Penelitian terapan merupakan kegiatan ilmiah yang dilakukan untuk menemukan kebenaran objektif
2. Penelitian terapan membutuhkan penggunaan metode yang tepat/relevan
3. Penelitian terapan perlu menggunakan teori-teori dan pengalaman yang bersifat terpakai
4. Data yang terkumpul harus lengkap dan objektif
5. Penelitian terapan bukan hanya menyajikan data, tapi harus disertai dengan pengolahan data, baik secara metode penelitian kuantitatif maupun metode kualitatif
6. Penelitian terapan perlu dilaporkan secara jelas dan sistematis, dengan mengikuti pola berpikir ilmiah yang objektif, rasional dan dapat dipertanggungjawabkan

C. Tipe Desain Penelitian Terapan (Applied Research)
1. Penelitian evaluasi adalah penelitian yang bertujuan untuk melakukan penilaian terhadap setiap tahapan yang dilakukan dalam penelitian, dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga hasil penelitian.
2. Penelitian aksi adalah penelitian yang fokusnya pada tindakan sosial. Tujuannya ialah untuk mengembangkan kehidupan dan kondisi dari para subjek penelitian.
3. Penelitian mengenai penilaian akan dampak sosial, yang membahas mengenai konsekuensi apa yang kira-kira akan muncul dari pembuatan rencana dan pilihan dari beberapa alternatif kebijakan.

D. Kelebihan dan Kelemahan Penelitian Terapan (Applied Research)
Kelebihan dari penelitian ini adalah dapat digunakan dalam jangka pendek, praktis, tidak memakan waktu yang lama, serta dapat digunakan oleh para pelaku bisnis, kantor pemerintahan, fasilitas pelayanan kesehatan, dan institusi pendidikan. Sedangkan, kelemahannya adalah dapat berakibat fatal jika terjadi salah penginterpretasian, pembuat keputusan hanya mau tahu hasil akhirnya saja, hasilnya sulit untuk dipublikasikan secara luas kepada publik, dan mudah menimbulkan implikasi (dampak) tertentu. 

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pengertian Penelitian Terapan (applied research), Ciri, Tipe, Kelebihan dan Kekurangannya"