Pengertian Metode Induksi (Induktif) dan Contohnya

Pengertian Metode Induksi atau Induktif dan Contohnya
Metode Induksi atau Induktif
A. Pengertian Metode Induksi (Induktif)
Pengertian induksi (induktif) dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah metode pemikiran yang bertolak dari kaidah (hal-hal atau peristiwa) khusus untuk menentukan hukum (kaidah) yang umum; penarikan kesimpulan berdasarkan keadaan yang khusus untuk diperlakukan secara umum; penentuan kaidah umum berdasarkan kaidah khusus.

Menurut Jujun S. Suriasumantri (2005) penalaran induksi (induktif) adalah cara berpikir yang berdasar pada kejadian yang khusus untuk memastikan teori, hukum, konsep yang umum. Induktif diawali dengan mengutarakan teori yang memiliki batasan eksklusif pada saat membuat pernyataan yang diakhiri dengan pernyataan yang memiliki karakter umum.

Pendekatan induktif mementingkan pada aktivitas pemeriksaan terlebih dahulu yang dilanjutkan dengan menarik kesimpulan berlandaskan pemeriksaan tersebut. Seperti yang telah disampaikan di atas bahwa pendekatan ini sering dinamakan sebagai pendekatan dari penarikan kesimpulan dari yang khusus menuju umum.

B. Contoh Metode Induksi (Induktif)
1. Induksi kuat:
Semua burung gagak yang kulihat berwarna hitam.

2. Induksi lemah:
 Aku selalu menggantung gambar dengan paku.
 Banyak denda mengebut diberikan pada remaja.

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pengertian Metode Induksi (Induktif) dan Contohnya"