Pengertian Landasan Teori, Fungsi, dan Cara Menuliskannya

Pengertian Landasan Teori
Landasan Teori
A. Pengertian Landasan Teori
Sugiyono (2012:52) berpendapat bahwa dalam penelitian landasan teori perlu ditegakkan agar  penelitian itu memiliki dasar yang kokoh, dan bukan sekedar perbuatan coba-coba (trial and error ). Dalam hal ini landasan teori adalah suatu konsep berupa pernyataan yang tertata dengan rapi dan secara sistematis yang memiliki variabel dalam penelitian dan merupakan landasan yang kuat di dalam sebuah penelitian yang akan dilakukan peneliti.

Landasan teori juga dapat didefinisikan sebagai teori yang relevan yang digunakan untuk menjelaskan tentang variabel yang akan diteliti dan sebagai dasar untuk memberikan jawaban sementara terhadap rumusan masalah yang diajukan (hipotesis), dan penyusunan instrumen penelitian. Landasan teori juga sering disebut kerangka teori.

Kerangka teori terdiri dari konsep beserta definisi dan referensi untuk literatur ilmiah yang relevan, teori yang digunakan untuk studi atau penelitian. Kerangka teoritis harus menunjukkan pemahaman tentang teori dan konsep yang relevan dengan topik penelitian kita dan yang berhubungan dengan bidang pengetahuan yang lebih luas yang sedang dipertimbangkan. Kerangka teori memperkuat penelitian dengan cara berikut di antaranya,
1. Pernyataan eksplisit asumsi teoritis memungkinkan pembaca untuk mengevaluasi penelitian secara kritis.
2. Kerangka teoritis menghubungkan peneliti dengan pengetahuan yang ada. Dipandu oleh teori yang relevan, peneliti memiliki dasar untuk menyusun hipotesis dan memilih metode penelitian.
3. Mengartikulasikan asumsi teoritis dari studi penelitian yang memaksa peneliti untuk menjawab pertanyaan tentang mengapa dan bagaimana. Ini memungkinkan peneliti untuk bertransisi secara intelektual dari hanya menggambarkan suatu fenomena yang telah diamati untuk menggeneralisasi tentang berbagai aspek dari fenomena itu.
4. Memiliki teori membantu peneliti mengidentifikasi batasan generalisasi tersebut. Kerangka kerja teoritis menetapkan variabel kunci mana yang memengaruhi fenomena yang diteliti dan menyoroti kebutuhan untuk memeriksa bagaimana variabel kunci itu mungkin berbeda dan dalam kondisi apa.
5. Berdasarkan sifat aplikatifnya, teori yang baik dalam ilmu-ilmu sosial bernilai karena justru memenuhi satu tujuan utama: untuk menjelaskan makna, sifat, dan tantangan yang terkait dengan suatu fenomena, sering dialami tetapi tidak dijelaskan di dunia tempat kita hidup, sehingga kita dapat menggunakan pengetahuan dan pemahaman itu untuk bertindak dengan cara yang lebih terinformasi dan efektif.

B. Fungsi Landasan Teori
Berikut merupakan fungsi dari landasan teori dalam sebuah penelitian di antaranya,
1. Menyusun dan juga meringkas pengetahuan dibidang tertentu.
2. Peristiwa yang terjadi diberikan keterangan sementara.
3. Sebagai pengembangan pengetahuan baru di dalam tulisan.

C. Cara  Menuliskan Landasan Teori
Adapun hal yang dapat kita perhatikan dalam penulisan landasan teori di antaranya,
1. Tambahkan semua nama dari teori yang diambil.
2. Tuliskan tempat dan tanggal.
3. Sertakan uraian ilmiah dari landasan teori.
4. Teori yang diambil hendaknya berhubungan dengan topik yang sedang dibahas.

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pengertian Landasan Teori, Fungsi, dan Cara Menuliskannya"