Pengertian Definisi Konseptual, Efektivitas, dan Contohnya

Pengertian Definisi Konseptual
Definisi Konseptual
A. Pengertian Definisi Konseptual
Definisi konseptual adalah abstraksi yang diungkapkan dalam kata-kata yang dapat membantu pemahaman. Definisi konseptual variabel memberikan batasan yang menjelaskan suatu konsep secara singkat, jelas, dan tegas. Sementara yang dimaksud konsep dalam hal ini adalah berbagai teori/konsep yang telah dikutip sebelumnya dan kita jadikan satu definisi khusus.

B. Efektivitas Definisi Operasional
Definisi konseptual adalah definisi yang terlahir atau tersimpul dari kajian teori terhadap variabel yang kita teliti. Efektivitas membuat definisi konseptual di antaranya,
1. Pahami secara baik variabel yang kita bahas, misalnya penjelasan tentang pengertian kemudian teori-teori selanjutnya tentang variabel yang kita teliti.
2. Perhatikan kata-kata kunci yang ditekankan dalam setiap definisi tentang variabel yang diteliti kemudian teori yang mengikutinya.
3. Simpulkan berbagai pengertian yang telah kita dapatkan dari para ahli dari buku yang kita baca dan sudah dituangkan dalam karya ilmiah.
4. Buatlah berulang-ulang sampai kita yakin bahwa definisi yang kita buat sudah benar.
5. Pastikan bahwa definisi yang kita buat adalah definisi yang tersimpul dari pembahasan tentang variabel.
6. Pada akhir definisi kemukakan dimensi atau aspek-aspek dari variabel yang kita teliti disertai dengan indikatornya.  

C. Contoh Definisi Konseptual
Contoh definisi konseptual dari variabel “kinerja kepala sekolah”
Kinerja adalah tingkat pencapaian hasil atas pelaksanaan tugas tertentu (Simajuntak, 2005:10).  Sedangkan menurut Gomes (2002:13), kinerja merupakan perwujudan dari hasil kerja yang dicapai seseorang dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang dibebankan kepadanya. Nawawi (2001:235), menggunakan istilah kinerja dengan sebutan karya. Istilah karya dimaksudkan adalah hasil pelaksanaan atau pekerjaan baik bersifat fisik/material maupun non fisik/non material. Setiap pekerjaan dalam melaksanakan tugas-tugasnya sebagaimana terdapat dalam deskripsi pekerjaan/jabatan, perlu dinilai hasilnya setelah tenggang waktu tertentu... dst.

Berdasarkan uraian yang telah dikemukakan di atas, maka yang dimaksud dengan kinerja kepala sekolah adalah kemampuan seorang kepala sekolah dalam menjalankan fungsi-fungsinya sebagai pemimpin sekolah agar guru dan siswa bekerja sesuai dengan tugas masing-masing dalam upaya mencapai tujuan pendidikan di sekolah (Inilah Contoh Rumusan Definisi Konseptual)

Untuk Contohnya Rumusannya
Kinerja kepala sekolah dalam penelitian ini adalah kemampuan seorang kepala sekolah dalam menjalankan fungsi-fungsinya sebagai pemimpin sekolah agar guru dan siswa bekerja sesuai dengan bidang tugas masing-masing dalam upaya mencapai tujuan pendidikan di sekolah yang diukur melalui beberapa indikator yakni: (1) kepala sekolah sebagai evaluator, (2) kepala sekolah sebagai menejer, (3) kepala sekolah sebagai administrator, (4) kepala sekolah sebagai supervisor, (5) kepala sekolah sebagai leader, (6) kepala sekolah sebagai inovator dan (7) kepala sekolah sebagai motivator (Inilah Contoh Rumusan Definisi Operasional)

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pengertian Definisi Konseptual, Efektivitas, dan Contohnya"