Pengertian Tahap Persiapan (Preparatory Stage)

Pengertian Tahap Persiapan atau Preparatory Stage
Tahap Persiapan (Preparatory Stage)
Tahap persiapan atau preparatory stage adalah tahap pertama dari empat tahap proses sosialisasi dan pembentukan kepribadian yang dikemukakan oleh George Herbert Mead. Tahap ini dialami sejak manusia dilahirkan, saat seorang anak mempersiapkan diri untuk mengenal dunia sosialnya, termasuk untuk memperoleh pemahaman tentang diri. Pada tahap ini juga anak-anak mulai melakukan kegiatan meniru meski tidak sempurna.

Pada tahap ini, peran orang-orang di sekitarnya (significant others) demikian sangat berarti. Orang tua dan orang-orang di sekitarnya mengarahkan anak untuk memperoleh pemahaman dirinya dengan lebih baik, mengenal orang-orang di sekitarnya dan mengajarinya dengan istilah-istilah yang sederhana. Setiap anak-anak sudah mulai menirukan hal yang diketahui dari sekelilingnya meskipun apa yang dilakukan dan dikerjakannya belumlah dianggap sebagai suatu kesempurnaan, lantaran belum memahami hakikat dan maksud yang dilakukannya.

Contohnya mengenai tahap persiapan dalam sosialisasi ini misalnya ketika seorang anak-anak menirukan istilah makan, ia hanya bisa menyebutnya “ma’an”, ataupun “nyam-nyam”. Penyebutannya belum sempurna, selain itu pula seorang anak juga belum memahami makna kata tersebut secara baik.

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pengertian Tahap Persiapan (Preparatory Stage)"