Pengertian Topografi, Sejarah, Komponen, Tujuan, Teknik, Jenis, Kegunaannya

Pengertian Topografi
Topografi
A. Pengertian Topografi
Topografi dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah kajian atau penguraian yang terperinci tentang keadaan muka bumi pada suatu daerah; pemetaan yang terperinci tentang muka bumi pada daerah tertentu; keadaan muka bumi pada suatu kawasan atau daerah. Topografi secara ilmiah artinya adalah studi tentang bentuk permukaan bumi dan objek lain seperti planet, satelit alami (bulan dan sebagainya), dan asteroid.

Dalam pengertian yang lebih luas, topografi tidak hanya mengenai bentuk permukaan saja, tetapi juga vegetasi dan pengaruh manusia terhadap lingkungan, dan bahkan kebudayaan lokal (Ilmu Pengetahuan Sosial). Topografi umumnya menyuguhkan relief permukaan, model tiga dimensi, dan identifikasi jenis lahan. Penggunaan kata topografi dimulai sejak zaman Yunani kuno dan berlanjut hingga Romawi kuno, sebagai detail dari suatu tempat.

Kata topografi berasal dari Bahasa Yunani, topos yang berarti tempat, dan graphia yang berarti tulisan. Objek dari topografi adalah mengenai posisi suatu bagian dan secara umum menunjuk pada koordinat secara horizontal seperti garis lintang dan garis bujur, dan secara vertikal yaitu ketinggian. Mengidentifikasi jenis lahan juga termasuk bagian dari objek studi ini. Studi topografi dilakukan dengan berbagai alasan, di antaranya perencanaan militer dan eksplorasi geologi. Untuk kebutuhan konstruksi sipil, pekerjaan umum, dan proyek reklamasi membutuhkan studi topografi yang lebih detail.

Topografi terkait erat dengan praktik survei, yaitu praktik untuk menentukan dan mencatat posisi ti-tik-ti-tik dalam hubungan satu sama lain. Topografi menggambarkan fitur fisik suatu wilayah tanah mengacu pada bentuk, kelegaan, kontur, kekasaran, dan dimensi lain dari permukaan bumi. Ini dapat mencakup fitur geologi alami dan struktur buatan manusia. Survei dilakukan untuk mempelajari, mengukur, dan memetakan fitur topografi untuk memberikan visualisasi detail pada suatu area. Topografi penting untuk perjalanan, transportasi, jalur penerbangan, teknik, arsitektur, geologi, kehutanan, dan pertanian. Ini juga memiliki dampak signifikan pada bagaimana kota dirancang dan ditata.

B. Sejarah Topografi
Kata topografi itu sendiri berasal dari bahasa Yunani topo, yang berarti tempat, dan graphia, yang berarti menulis, atau merekam. Beberapa survei topografi yang pertama diketahui dilakukan oleh militer Inggris pada akhir abad kedelapan belas.

Di Amerika Serikat, survei terperinci paling awal dilakukan selama Perang 1812 oleh Biro Topografi Angkatan Darat. Sepanjang pemetaan topografi abad ke-20 menjadi lebih kompleks dan tepat dengan penemuan instrumen seperti theodolites dan tingkat otomatis. Baru-baru ini, perkembangan di dunia digital seperti GIS (sistem informasi geografis) telah memungkinkan kita membuat peta topografi yang semakin kompleks.

C. Komponen Topografi
1. Bentuk lahan, bentuk lahan yang dipelajari dalam topografi dapat mencakup apa saja yang secara fisik berdampak pada area. Contohnya termasuk gunung, bukit, lembah, danau, laut, sungai, kota, bendungan, dan jalan.
2. Ketinggian, ketinggian, atau elevasi, gunung dan benda lainnya dicatat sebagai bagian dari topografi. Ini biasanya dicatat mengacu pada permukaan laut (permukaan laut).
3. Garis lintang, latitude memberikan posisi utara/selatan suatu lokasi dalam referensi dari khatulistiwa. Garis khatulistiwa adalah garis horizontal yang ditarik di sekitar tengah Bumi yang jaraknya sama dengan Kutub Utara dan Kutub Selatan. Garis khatulistiwa memiliki garis lintang 0 derajat.
4. Garis Bujur, bujur memberikan posisi timur/barat dari suatu lokasi. Garis Bujur umumnya diukur dalam derajat dari Prime Meridian.

D. Tujuan Topografi
Topografi zaman modern umumnya berkaitan dengan pengukuran dan pencatatan kontur elevasi, menghasilkan representasi tiga dimensi permukaan bumi. Serangkaian titik dipilih dan diukur berdasarkan koordinat horizontal mereka, seperti garis lintang dan bujur, dan posisi vertikal mereka, dalam hal ketinggian. Saat direkam dalam rangkaian, ti-tik-ti-tik ini menghasilkan garis kontur yang menunjukkan perubahan bertahap pada medan.

E. Teknik Topografi
Bentuk pengukuran yang paling banyak digunakan dikenal dengan direct survey. Ini adalah proses mengukur jarak dan sudut pengukuran secara manual dengan menggunakan instrumen leveling seperti theodolites. Survei langsung menyediakan data dasar untuk semua pemetaan topografi, termasuk sistem pencitraan digital. Informasi ini dapat digunakan bersamaan dengan sistem lain seperti fotografi udara atau citra satelit untuk memberikan gambaran lengkap tentang tanah yang dimaksud. Terdapat sejumlah cara informasi dikumpulkan untuk membuat peta topografi di antaranya,
1. Survei langsung, adalah ketika seseorang di lapangan menggunakan peralatan survei, seperti level dan klinometer, untuk secara langsung mengukur lokasi dan ketinggian tanah.
2. Survei tidak langsung, untuk wilayah terpencil dapat dipetakan menggunakan metode tidak langsung. Metode-metode ini termasuk gambar satelit, gambar yang diambil dari pesawat, radar, dan sonar (bawah air).

F. Jenis Topografi
1. Topografi Karst
Topografi Karst menggambarkan lanskap berbeda yang dibuat ketika batuan yang mendasarinya larut atau berubah bentuk. Ini membentuk gua, celah, sumur bawah tanah, bukit bergerigi, tebing, dasar sungai dan jenis medan lainnya. Jenis topografi ini menunjukkan bahwa air dekat dengan batuan dasar yang dapat larut seperti batu kapur, dolomit, gipsum, dan garam batu. Topografi Karst contohnya ditemukan di seluruh dunia; di AS, sangat penting untuk memetakan formasi gua besar seperti Gua Mammoth dan Sistem Gua Fisher Ridge di Kentucky, Gua Permata dan Gua Angin di South Dakota, dan Sistem Lubang Keramat di Virginia Barat.

2. Topografi Gunung
Peta topografi menunjukkan bentang alam seperti bukit dan gunung. Garis kontur menandai di mana gunung dan bukit berada dan mewakili fitur-fiturnya. Ini termasuk ketinggiannya, kemiringan lereng, konfigurasi lereng dan posisi lereng. Pada peta topografi, pegunungan biasanya ditandai dari puncak bukit ke dasar lembah, dengan warna yang lebih terang untuk ketinggian dan angka yang lebih tinggi yang menunjukkan ketinggian sehubungan dengan permukaan laut. Pegunungan berbeda dari bukit karena mereka menunjukkan ketinggian dan wilayah yang lebih besar.

3. Vegetasi, Ketinggian dan Gletser
Relief atau kontur suatu wilayah sering ditampilkan sebagai garis coklat yang menghubungkan titik-titik dengan ketinggian yang sama pada peta. Ini memungkinkan untuk mengukur dan menunjukkan ketinggian gunung, lereng curam, dan kedalaman laut pada peta datar. Studi dan pemetaan topografi juga dapat mencakup vegetasi seperti hutan di setiap tingkat gunung. Hutan besar dan lebat diwakili oleh nuansa hijau yang lebih gelap pada peta, sementara vegetasi yang lebih jarang di ladang dan dataran digambarkan dalam warna hijau yang lebih terang. Demikian pula, badan air yang lebih besar dan lebih dalam diwarnai atau diuraikan dalam warna biru gelap daripada danau dan kolam yang lebih kecil. Area putih dan garis kontur menunjukkan gletser dan ladang salju, yang tertutup salju sepanjang tahun.

G. Kegunaan Topografi
1. Pertanian, topografi sering digunakan dalam pertanian untuk menentukan bagaimana tanah dapat dilestarikan dan bagaimana air akan mengalir di atas tanah.
2. Lingkungan, data dari topografi dapat membantu melestarikan lingkungan. Dengan memahami kontur tanah, para ilmuwan dapat menentukan bagaimana air dan angin dapat menyebabkan erosi. Mereka dapat membantu membangun kawasan konservasi seperti daerah aliran sungai dan blok angin.
3. Cuaca, topografi tanah dapat berdampak pada pola cuaca. Ahli meteorologi menggunakan informasi tentang gunung, lembah, lautan, dan danau untuk membantu memprediksi cuaca.
4. Militer, topografi juga penting bagi militer. Tentara sepanjang sejarah telah menggunakan informasi tentang ketinggian, bukit, air, dan bentang alam lainnya ketika merencanakan strategi militer mereka.

Studi topografi dapat digunakan untuk berbagai aplikasi seperti perencanaan militer dan eksplorasi geologi. Informasi terperinci tentang permukaan dan fitur permukaan juga penting untuk perencanaan dan konstruksi proyek teknik sipil atau konstruksi utama. Baru-baru ini, survei berskala besar seperti Google Maps telah diproduksi menggunakan teknologi satelit, memberikan survei bumi yang lengkap dan menyeluruh.

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pengertian Topografi, Sejarah, Komponen, Tujuan, Teknik, Jenis, Kegunaannya"