Pengertian Tahap Siap Bertindak (Game Stage)

Pengertian Tahap Siap Bertindak atau Game Stage
Tahap Siap Bertindak (Game Stage)
Pada tahap ini, peniruan yang dilakukan pada tahap sebelumnya sudah mulai berkurang dan digantikan oleh peran yang secara langsung dimainkan sendiri dengan penuh kesadaran. Kemampuan individu menempatkan diri pada posisi orang lain pun meningkat sehingga memungkinkan adanya kemampuan bermain secara bersama-sama.

Individu mulai menyadari adanya tuntutan untuk membela keluarga dan bekerja sama dengan teman-temannya. Pada tahap ini lawan berinteraksi semakin banyak dan hubungannya semakin kompleks. Individu mulai berhubungan dengan teman-teman sebaya di luar rumah. Peraturan-peraturan yang berlaku di luar keluarganya secara bertahap juga mulai dipahami. Bersamaan dengan itu, anak mulai menyadari bahwa ada norma tertentu yang berlaku di luar keluarganya.

Pada tahap siap bertindak (game stage) seorang anak akan mengetahui apa yang dilakukan setelah menirukan peran orang lain baik di keluarga atau lingkungan. Bisa memahami makna, bahkan diharapkan bisa mengetahui tentang peraturan yang ada. Misalnya ketika seorang anak bermain layang-layang, karena ada aturan yang dijalankan oleh keluarga bahwa bermain hanya boleh dilakukan ketika selesai sekolah maka secara otomatis anak akan bermain setelah selesai sekolah.

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pengertian Tahap Siap Bertindak (Game Stage)"