Pengertian Tahap Penerimaan Norma Kolektif (Generalized Stage/Generalized other)

Pengertian Tahap Penerimaan Norma Kolektif atau Generalized Stage atau Generalized other
Tahap Penerimaan Norma Kolektif
Tahap generalized other/generalized stage (penerimaan norma kolektif) adalah tahap keempat atau tahap terakhir dari keseluruhan proses sosialisasi dan pembentukan kepribadian yang dikemukakan oleh George Herbert Mead. Pada tahap ini seseorang telah dianggap dewasa. Dia sudah dapat menempatkan dirinya pada posisi masyarakat secara luas.

Dengan kata lain, ia dapat bertenggang rasa tidak hanya dengan orang-orang yang berinteraksi dengannya tetapi juga dengan masyarakat luas. Manusia dewasa menyadari pentingnya peraturan, kemampuan bekerja sama—bahkan dengan orang lain yang tidak dikenalnya—secara mantap. Manusia dengan perkembangan diri pada tahap ini telah menjadi warga masyarakat dalam arti sepenuhnya.

Pada tahap penerimaan norma kolektif misalnya sikap seseorang dengan teman-teman yang sepermainan yang berbeda agama, suku, budaya, ataupun etnis. Setiap orang yang ada di lingkungan wajib menerima kenyataan tersebut, sehingga dalam bertingkah laku ia menjadi proporsional dan lebih  mengedepankan sikap toleran. 

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pengertian Tahap Penerimaan Norma Kolektif (Generalized Stage/Generalized other)"