Pengertian Preventif dan Contohnya

Pengertian Preventif dan Contohnya
Preventif
A. Pengertian Preventif
Istilah preventif dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah bersifat mencegah (supaya jangan terjadi apa-apa). Preventif (pencegahan) adalah suatu tindakan pengendalian sosial yang dilakukan untuk mencegah atau mengurangi kemungkinan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan di masa mendatang.

Tindakan pencegahan dilakukan manusia, baik secara pribadi maupun berkelompok untuk melindungi diri mereka dari hal buruk yang mungkin terjadi. Tindakan pencegahan tentunya dilakukan sebelum terjadinya suatu kejadian yang tidak diinginkan.

Karena tujuannya mencegah dan mengurangi kemungkinan terjadinya hal yang tak diinginkan, maka umumnya tindakan preventif biayanya lebih murah ketimbang biaya penanggulangan atau mengurangi dampak dari suatu peristiwa buruk yang sudah terjadi.

Kata preventif banyak digunakan dalam banyak bidang, misalnya bidang sosial dan kesehatan. Namun, pada dasarnya memiliki arti yang sama, yaitu upaya atau tindakan pencegahan.

B. Contoh Tindakan Preventif
1. Tindakan pencegahan penyalahgunaan NAPZA, ini merupakan tindakan preventif untuk mencegah penyalahgunaan narkoba di masyarakat, misalnya melalui penyuluhan, mengadakan kegiatan bermanfaat, dan lain-lain.
2. Usaha preventif untuk mencegah kerusakan gigi dengan cara membersihkan gigi secara teratur dan mengurangi asupan makanan yang bisa merusak gigi.
3. Tindakan orang tua membatasi anaknya yang di bawah umur dalam menggunakan gadget, merupakan tindakan preventif agar si anak tidak kecanduan bermain gadget.
4. Mencegah terjadinya banjir dengan melakukan pembersihan saluran air dan membuat sampah pada tempatnya.
5. Imunisasi terhadap bayi, anak balita, dan ibu hamil untuk mencegah terjadinya anomali penyakit berbahaya.
6. Berkendara dengan hati-hati dan mematuhi rambu lalu lintas untuk mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Kemampuan rasional manusia baik disadari maupun tidak disadari menyebabkan manusia sering melakukan tindakan preventif untuk mencegah terjadinya hal-hal buruk di masa mendatang yang tentunya perlu di antisipasi. 

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pengertian Preventif dan Contohnya"