Pengertian Penyimpangan Primer, Ciri, dan Contohnya

Pengertian Penyimpangan Primer
Penyimpangan Primer
A. Pengertian Penyimpangan Primer
Penyimpangan primer adalah penyimpangan yang bersifat sementara (temporer) atau perbuatan menyimpang dalam masyarakat yang pertama kali dilakukan seseorang yang pada aspek kehidupan lainnya selalu berlaku konformis (mematuhi norma yang berlaku). Penyimpangan primer disebut juga penyimpangan ringan. Para pelaku penyimpangan ini umumnya tidak menyadari bahwa dirinya melakukan penyimpangan.

Penyimpangan primer merupakan suatu perilaku yang dianggap telah menyimpang namun masih dapat diterima oleh masyarakat, sebab adanya perilaku tersebut masih dapat dilakukan perbaikan atau diubah oleh si pelaku dan hanya berlangsung sementara. Teori sosiologi memberikan penjelasan bahwa penyimpangan primer adalah bentuk perilaku yang menyimpang dalam masyarakat dengan perbuatan melanggar kecil sehingga masyarakat masih menganggap sebagai bagian atau fungsi sosial yang dapat diterima serta di toleransi.

Istilah penyimpangan primer berasal dari kata dalam Bahasa Inggris deviation primary. Bentuk penyimpangan ini intensitasnya paling sering dilakukan, baik secara individu ataupun secara kelompok, baik di sadari ataupun tidak disadari.

B. Ciri Penyimpangan Primer
1. Penyimpangan Primer secara umum hanya dilakukan sesekali saja
2. Penyimpangan ini tidak mengacu pada suatu tindakan Kriminalitas
3. Masyarakat masih dapat memberikan toleransi atau menerima pelaku penyimpangan

C. Contoh Penyimpangan Primer
1. Makan dengan Tangan Kiri
2. Makan dan Minum dengan Berdiri
3. Melanggar Rabu Lalu Lintas
4. Anak Perempuan Tomboy

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pengertian Penyimpangan Primer, Ciri, dan Contohnya"